Header Ads

OD - SK Teratas

"Kami Mendeteksi Sejak Bulan Juli dan November"


Jurnal,Manado - Pasangan no. 1, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Olly Dondokambey,SE dan Drs. Steven O. Kandouw, kian pasti menuju kemenangan dalam Pilkada Sulut 2015. Berdasarkan hasil terkini, dari Lembaga Survei Independen (LSI) berkelas nasional, Indoresearch Public Care (IPC), elektabilitas Olly-Steven berhasil mencapai 49.4 %.
Survei ini dilakukan dengan penarikan dan pengambilan sampel, menggunakan metode standar teknik multistage random sampling, secara tatap muka dan wawancara langsung di wilayah daratan, serta dengan cara tele-survei khusus di wilayah Kepulauan.
Data survei, mengambil sampel berjumlah 5.316 responden tersebar di 15 Kabupaten/Kota, 167 Kecamatan dan 1.772 Desa/Kelurahan se-Provinsi Sulawesi Utara. Dan berdasarkan jumlah sampel ini, diperkirakan margin of eror sebesar ± 1.5 % pada tingkat kepercayaan 95 %.
“Kami mendeteksi, sejak bulan Juli hingga survei terkini di bulan November 2015, dari akumulasi semua indikator survei IPC, pasangan yang diusung PDI-Perjuangan bersama PAN dan Partai NasDem, lebih unggul di semua kategori pemilih. Fakta ini membuktikan Kemenangan semakin dekat dengan pasangan Olly-Steven,” kata Direktur Riset dan Operasional IPC, DR.  Afendy A. Nugroho, melalui Direktur Komunikasi Publik IPC, Amir Sapto,M.Si, didampingi Koordinator IPC Regional Sulut, Stanly F. Mewengkang, pada Senin (16/11).
Indikator keunggulan dan dukungan terhadap pasangan ini, antara lain; Visi-Misi dan Program, kemudian memiliki Kualitas Personal terbaik, Kinerja Partai Pengusung yang aktif, serta Kinerja Tim Kampanye dan Kinerja Relawan yang solid dan sarat pengalaman di Pilkada.
Olly-Steven juga diidentifikasi terbaik dalam memiliki Jaringan Parpol non Pileg dan Jaringan Politik di Legislatif. Pasangan ini lebih dekat dengan Jaringan Birokrat dan Jaringan Investor. Mereka juga mendapat dukungan teratas dari kategori Tokoh Agama dan Masyarakat, Pemilih Lintas Agama, Pemilih Laki-laki dan Perempuan, Pemilih Lansia dan Pemula.
Dan signifikan didukung responden dari kategori profesi, seperti; Akademisi, Para Medis, Karyawan Swasta, Pedagang, Petani dan Nelayan, Buruh, Sopir dan Tukang Ojek, Mahasiswa/Pelajar, Guru dan PNS,” ungkap Sapto.
Hasil survei Indoresearch Public Care (IPC) kali ini, menempatkan pasangan Olly Dondokambey dan Steven O. Kandouw (OD-SK), kian menanjak dengan perolehan dukungan  49.4 % responden dan tetap memiliki elektabilitas tertinggi di tiga belas Kabupaten/Kota.
Sementara posisi runner-up, ditempati pasangan calon no. 3, Benny J. Mamoto dan David Bobihoe Akib, yang mendapat dukungan 27.9 % responden. Sebelumnya pasangan BeDa memiliki elektabilitas cukup baik, namun seiring dengan dinamika politik saat ini, maka harus tetap menjaga simpul-simpul basis pemilih yang mulai tergerus.
Pada urutan terakhir, pasangan calon no. 2, Maya O. Rumantir dan Glenny Kairupan, dengan dukungan 21.2 % responden. Pasangan MR-GK ini juga di mata pemilih, mereka masih membutuhkan waktu dan intensitas kunjungan sosial untuk dapat terus beradaptasi dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terlebih untuk membuktikan soal kepekaan yang berhubungan dengan kriteria perhatian pada rakyat. Sedangkan hingga kini, yang belum menentukan sikap dan pilihan, hanya tersisa 1.5 % responden.
Lebih lanjut dituturkan Koordinator IPC Regional Sulut, Stanly F. Mewengkang; “Survei ini sudah melalui proses verifikasi, validasi dan akurasi data. Meski demikian, untuk kesekian kalinya perlu ditegaskan, ini bukanlah final. Semuanya kembali tergantung pada kesiapan diri dari ketiga pasangan calon tersebut. Intinya, jika ingin ‘Menang Tuntas’ harus didukung juga dengan operasional peretas,” pungkasnya.(tim)


No comments

Powered by Blogger.