Header Ads

Dua Ormas Bentrok. 1 Tewas 3 Luka Parah

Jurnal,Jakarta - Satu orang tewas dan tiga lainnya mengalami luka-luka akibat bentrok antar dua Ormas di Medan, Sumatera Utara. Ini kronologi bentrokan tersebut.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Helfi Assegaf mengatakan, menurut keterangan saksi, bentrok bermula saat sekitar 160 orang massa dari Kader IPK menaiki 10 unit mobil dan 60 unit sepeda motor bergerak dari wilayah krakatau menuju Jl. Pelajar Medan, Sabtu (30/1/2016) sekitar pukul 15.00 WIB untuk menghadiri Pelantikan.

"Setibanya di Jl. Gaharu dikarenakan lalin macet, rombongan melintas di Jl. Peruntis Kemerdekaan, dan di simpang Jl. Perintis Kemerdekaan - Jl. Thamrin rombongan berhenti untuk menentukan arah jalan yang dilalui. Dan salah seorang kader IPK mengarahkan agar melintas melalui Jl. Thamrin," kata Helfi kepada detikcom.

Setibanya di depan Plaza Thamrin, lanjut Helfi, massa dari IPK dihadang oleh massa dari OKP PP. Namun rombongan tetap terus melalui Jl. Thamrin sehingga menyebabkan terjadinya bentrok fisik. Karena penyerangan itu, rombongan IPK terpecah melalui Jl. Asia dan Jl. Sutrisno.

Dalam bentrok di Jl. Asia itu, 2 unit mobil milik kader IPK dirusak massa. Namun kader IPK lainnya yang berada di dalam mobil tersebut berhasil menyelamatkan diri.

"Namun kader IPK dengan menggunakan mobil Toyota Soluna loreng yang dikendarai Ketua Ranting Gaharu, Monang Hutabarat melintas di Jl. Asia diserang oleh massa dari PP. Dikarenakan di dalam mobil tersebut terdapat 1 orang wanita, 1 anak-anak dan 1 orang kader IPK," ujarnya.

"Monang keluar dari dalam mobil untuk melundungi yang berada di dalam mobil sehingga Monang diserang oleh massa dari PP dengan menggunakan senjata tajam. Namun Monang berhasil masuk kembali ke dalam mobil dan melarikan diri ke RS. Permata Bunda," imbuh Helfi.

Selanjutnya, massa dari OKP PP yang dipimpin oleh Iwan Kera melakukan penyerangan ke Jl. Pandu, Jl. Semarang dan Jl. Surabaya Medan sekitar pukul 15.30 WIB. Massa lalu menghancurkan plang merk IPK serta 1 unit mobil Suzuki Esteem BK 1651 XI.

Pukul 16.00 WIB personel gabungan dari Polresta Medan dan Polsek Medan Kota serta Polsek Medan Area berhasil meredam penyerangan yang dilakukan 0leh kader PP di Jl. Pandu, Jl. Semarang dan Jl. Surabaya Medan," tandasnya

Selain itu, massa dari sekitar 500 orang massa IPK yang berkumpul di RS Permata Bunda yang berencana akan melakukan penyerangan ke Kantor MPW PP Sumut juga berhasil diredam. Massa IPK tersebut meninggalkan RS Permata Bunda menuju kantor DPD IPK Kota Medan.(dtc)

No comments

Powered by Blogger.