Header Ads

Gubernur bersama Walikota dan Bupati Tandatangani MoU

Jurnal Tomohon - Pelaksanaan rapat kerja daerah dan penandatanganan mou antara Gubernur Sulawesi utara dengan bupati/walikota se- Propinsi Sulawesi Utara mengenai sasaran tanam padi, jagung dan kedelai tahun 2016 dilaksanakan hari ini Selasa 12/1/16 bertempat di Graha Gubernuran.
Penjabat Walikota Tomohon Drs Sanny J Parengkuan MAP turut menghadiri Penandatanganan MoU antara Gubernur Sulawesi Utara dengan Bupati/Wali kota se-Provinsi Sulawesi Utara.
Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sumarsono MDM bertekad ingin mewujudkan swasembada pangan di bumi nyiur melambai. Hal ini disampaikan Gubernur saat melakukan MoU dengan seluruh Kabupaten/Kota di Sulut mengenai Sasaran tanam padi, jagung, dan kedelai.
"Pangan merupakan kebutuhan yang mutlak dipenuhi, karena sangat menentukan tumbuh kembang bangsa" Ujar Sumarsono, saat menjelaskan betapa pangan menjadi pokok dalam suatu negara. lebih lanjut Sumarsono mengatakan, bahwa usaha mewujudkan swasembada pangan adalah selaras dengan program pembangunan pemerintah pusat, yang berdikari, utamanya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sekarang ini.
Gubernur dalam kesempatan ini juga mengatakan, bahwa pemerintah menargetkan akan tercapainya luas tanam 148.638 hektar untuk padi, dengan capaian produksi sejumlah 697.836 ton, sedangkan untuk komoditi kedelai ditargetkan luas tanam mencapai 7.195 hektar, dengan jumlah produksi sebanyak 9.587 ton, dan untuk jagung luas tanam ditargetkan mencapai 153.767 hektar dengan total produksi mencapai 573.427  ton jagung.
"Ini merupakan motivasi demi menuju swasembada pangan" jelas Sumarsono. Menutup sambutannya. Gubernur berharap untuk dapat memenuhi target yang sudah di entukan, juga bagi setiap kabupaten dan kota, masyarakat dan pihak terkait lainya, untuk dapat bersama bersinergi dalam mewujudkan wasembada pangan, demi kepentingan rakyat dan bangsa tutup Sumarsono.
Selanjutnya "Poin penting dalam kerja sama ini bertujuan menciptakan kecukupan pangan dalam  endukung ketersedian pangan dan  kemandirian serta kedaulatan pangan di Kota Tomohon dan daerah Sulawesi Utara lainnya," kata FF Lantangg SSTP, Kabag Humas Kota Tomohon, dimana kegiatan ini merupakan salahsatu perwujutan dari program Presiden RI Joko Widodo yang terkenal dengan Nawacita untuk kemajuan dan pengembangan ekonomi dan pembangunan dan ketahanan pangan di Indonesia
didalamnya Kota Tomohon.
Pada kesempatan ini pula Gubernur Sulawesi Utara DR. Soni Sumarsono mengucapkan terima kasih kasih kepada para Bupati/Walikota yang telah datang dan menandatangani perjanjian kerjasama antara Gubernur Sulawesi Utara dengan Bupati/Walikota se- Sulawesi Utara mengenai sasaran tanam padi, jagung dan kedelai ini. Begitu juga apresiasi kepada pihak-pihak yang terkait agar bekerja lebih keras dalam mewujudkan target yang telah ditetapkan.
Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Staf Korem 131 Santiago Sulawesi Utara, Penjabat Bupati Minahasa Selatan, Walikota Kotamobagu, Bupati Bolaang Mongondow, Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Timur, Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Bupati Bolaang Mongondow Utara, Para Dandim se- Sulawesi Utara, Para Sekretaris Daerah se- Sulawesi Utara, Asisten I Setda Propinsi Sulawesi Utara, Para Kepala Dinas Pertanian se- Sulawesi Utara, Para Kepala Badan Ketahanan Pangan se- Sulawesi
Utara dan Para Kepala Badan Penyuluh Pertanian se- Sulawesi Utara.(rky)

No comments

Powered by Blogger.