Iklan

April 13, 2016, 16:32 WIB
Last Updated 2016-04-16T01:03:17Z
Manado

ROR Perkenalkan GSVL - MOR Walikota Terpilih Kepada Walikota Salatiga



Jurnal,Manado - Penjabat Walikota Manado Ir Royke O Roring (ROR), Rabu (13/4/2016) siang, menerima kunjungan Pemkot Salatiga, Jateng, di ruang Toar Lumimuut Lt.2 Kantor Walikota, Jl Balaikota Tikala. Rombongan Pemkot Salatiga ini dipimpin langsung Walikota Yulianto SE MM, Wakil Walikota Muhamad Haris SS MSi, Sekkot Drs Agus Rudiyanto MM bersama jajaran dan sejumlah jurnalis yang ikut.
Sebelum menjelaskan tentang Manado secara umum, Roring terlebih dahulu memperkenalkan Walikota dan Wakil Walikota Manado terpilih hasil pilkada. “Sebelum lebih jauh saya jelaskan tentang Manado, terlebih dahulu saya sampaikan bahwa Pemkot Manado saat ini dalam masa transisi, dan saya dipercayakan Mendagri melalui Gubernur untuk menjabat Walikota. Pilkada Manado yang seharusnya digelar serentak 9 Desember 2015 tertunda digelar 17 Februari 2016. Dan hasilnya, Walikota Manado periode 2010-2016 Pak Dr GS Vicky Lumentut kembali terpilih sebagai Walikota 2016-2021 dengan pasangan Wakil Walikota yang baru yakni Mor Bastiaan,” ujar Roring membuka dialog.
Proses Pilkada Manado ini, lanjut dia, kemudian berlanjut gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), dan hasilnya tidak berubah. “Jadi saat ini sementara dalam proses menuju pelantikan yang tak lama lagi akan digelar. Dan saya tentunya akan kembali ke tugas saya di Pemprov Sulut sebagai Kepala Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah). Jadi kepada romobongan Pemkot Salatiga, kami sampaikan bahwa saat ini kami di Pemkot Manado ini dalam masa transisi pemerintahan,” ungkap Roring.
Usai memberikan informasi soal Wakil Walikota dan Wakil Walikota Manado terpilih, Roring kemudian menjelaskan singkat selayang pandang Manado, mulai dari geografis, populasi penduduk, objek wisata, kultur dan lain sebagainya. Struktur pemerintahan Pemkot Manado juga ikut dijelakan, termasuk jumlah kursi legislatif di Dekot Manado yang berjumlah 40 orang. “Kursi terbanyak yakni Partai Demokrat, partainya Walikota Manado terpilih Pak Vicky Lumentut yang juga Ketua DPD Demokrat Sulut,” ucap Roring yang disambut anggukan kepala Walikota Salatiga.(man)