Header Ads

Vasung Serap Aspirasi di Toliang Oki

Jurnal,Minahasa - Sebagai wakil rakyat dapil Sulut maka tak henti hentinya anggota DPR RI Vanda Sarundayang melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Sulut dalam rangka melihat dan mendengar langsung keadaan di lapangan. Belum lama kembali dari kabupaten Sitaro Vasung demikian panggilan akrabnya langsung melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Minahasa tepatnya bertatap muka dengan warga desa industry meubel yakni desa Touliang oki kecamatan Eris Kabupaten Minahasa. Banyak hal menarik yang diungkapkan warga untuk dapat diperjuangkan ke tingkat kabupaten hingga nasional. Keberadaan industry meubel yang ada di desa Touliang oki memang telah dikenal lama bahkan merupakan desa pengrajin pertama yang ada di Sulawesi utara, sebagai desa industry maka wajar warga berharap ada sentuhan langsung dari pihak pihak terkait untuk dapat membantu peningkatan mutu SDM dan hasil kerja serta pemasarannya.
“Selama ini desa kami ini sepertinya tidak pernah ada perhatian dari pihak terkait mohon kiranya diperjuangkan,”ungkap Pdt. Steven Sajow M.Th yang mendapat kesempatan bertanya. Permasalahan lainnya yang diungkapkan warga adalah pemanfaatan ampas atau serbuk sisa olahan kayu yang tidak dimanfaatkan dan meminta ibu Vanda sarundayang agar dapat kiranya mengecek alat pres ini di kementerian terkait untuk dapat dimanfaatkan seperti yang terjadi di pulau jawa. Mendapat berbagai pertanyaan dan usul ini dengan bijak dan lugas anggota DPR RI puteri mantan Gubernur SH Sarundayang inipun menanggapi satu persatu.
“Saya memang memberi waktu datang di desa ini karena desa ini adalah penghasil meubel yang terus berkembang, Terima kasih untuk usul dan beberapa masukan, saya akan berupaya agar dapat secepatnya terealisasi,”ujar Vasung angota komisi 6 DPR RI yang belum lama ini juga mengecek langsung ke kabupaten, kota dan propinsi mengenai keberadaan bantuan pemerintah pusat waktu yang lalu yakni alat pembuat minyak kelapa, pembuat kue, mesin jahit dan bantuan bantuan lainnya. Vanda Sarundayang sendiri beberapa waktu lalu telah selesai melakukan reses ke berbagai daerah di SULUT dengan masa reses DPR RI sendiri terjadual tanggal 12 Maret 2016 sampai 03 April 2016. Hal lain yang turut disentil warga adalah penanggulangan eceng gondok yang sudah sangat memprihatinkan. “Hendaknya dibentuk badan otorita danau Tondano untuk menangani khusus keberadaan danau Tondano termasuk masalah eceng gondok, waktu lalu sudah ada Pansus DAS Tondano dari DPRD Sulut tapi sayang tidak lanjut karena anggota dewan lalu sudah diganti,”ujar Hence Karamoy warga desa. Menanggapi hal ini Vasung mendorong warga untuk terus berupaya melakukan loby dan dia sendiri akan mengupayakan usulan ini untuk disampaikan ke pihak terkait hal ini karena didasari Vanda sendiri sangat mengagumi keindahan danau Tondano ini. “Terima kasih telah mengunjungi desa kami,”ujar Victor Sengke dan istri Reinny Sualang selaku tuan rumah kegiatan. Hadir dalam kesempatan ini para tokoh agama, masyarakat desa Touliang Oki dan pemerintah desa dihadiri Hukum tua Jeane Pakasi dan perangkat desa.(tim)

No comments

Powered by Blogger.