Header Ads

Restocking masih dibutuhkan Warga Mitra



Jurnal,Ratahan - Program Restocking di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) masih sangat dibutuhkan oleh warga  agar pemerintah dapat melakukan penambahan bibit ikan air tawar.

Seperti yang diutarakan, Alfrets Liwan warga Desa Kuyanga mengungkapkan  bahwa restocking sangay dibutuhkan warga sekitar. "Kami yang tinggal dekat danau Kuyanga berharap agar ada penambahan bibit ikan, sehingga ekosistem di danau terus terjaga. Mengingat banyak, warga yang sering memancing di danau tersebut," katanya.

Dia juga mengatakan, dengan adanya penambahan bibit ikan diharapkan juga memberi tambahan penghasilan bagi warga. "Kalau ikan melimpa kan warga sekitar bisa memancing ikan untuk dijual, tentunya dengan tetap menjaga kelestarian," katanya.

Sementara itu Kepala Seksi Pemberdayaan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mitra Hani Woran mengatakan, memang sudah berencana akan melakukan restocking. "Kita akan buat proposal untuk diajukan agar biaa mendapatkan bibit ikan air tawar," katanya.

Meski begitu menurutnya, tidak semua danau bisa dilakukan restocking, karena perlu melihat aktivitas sekitar danau. "Di Mitra ada 15 danau tapi tidak semua bisa kita restocking, kita perlu melihat aktivitas penangkapan. Saat ini untuk budi daya air tawar kita baru lakukan pemasangan Karamba Jaring Apung (KJA)," tandasnya. (hari)

No comments

Powered by Blogger.