Header Ads

Tahapan Pilhut di Minahasa Segera Dilaksanakan



Jurnal,Tondano - Pelaksanaan pemilihan hukum tua yang telah dinantikan sebagian besar warga masyarakat yang ada di kabupaten Minahasa akhirnya menemui titik terang. Hal ini semakin diperjelas dengan diadakannya rapat koordinasi di kantor Pemkab Minahasa yang dihadiri oleh para camat . 

Rapat dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa DR Denny Mangala, MSi. Dalam kesempatan tersebut  sesuai arahan bupati Minahasa asisten I Denny Mangala mengatakan untuk Pilhut nanti akan diikuti oleh 80 desa yang ada di kabupaten Minahasa. 

“Mulai minggu ini kami akan mengadakan sosialisasi Perda Pilhut yang akan kami awali hari rabu ini di daerah pineleng dan sekitarnya kemudian hari kamis di wilayah kecamatan Eris, kombi dan sekitarnya dan lanjut ke kecamatan lainnya,”ujar Mangala.   

Ditambahkan Mangala bahwa ada beberapa hal krusial yang disampaikan dalam  rapat ini kepada para camat yaitu mengenai Pilhut ini bebas dari intervensi politik artinya tidak ada hubungan dengan partai politik dan jika diketahui sebagai pengurus partai maka akan dianulir. 

“Hal lainnya adalah Tidak diperkenankan menggunakan atribut atau bendera partai, dilarang  melaksanakan keramaian dirumah calon dan terakhir  tiap calon hukum tua wajib melaporkan harta kekayaan hal ini untuk mencegah terjadinya penyimpangan apalagi dana ADD saat ini sangat menggiurkan,”ungkap Mangala. Saat ditanya mengenai syarat bagi calon  hukum tua Mangala mengatakan untuk usia calon minimal 25 tahun dan ijasah minimal SMP.  

 “Tanggal belum diputuskan tapi pelaksanaannya akan serentak dan dipastikan pada bulan Juli tahun ini,”tambahnya.  Sementara itu warga masyarakat mengaku lega dengan penyampaian akan dimulainya tahapan pilhut ini. “Sudah lama berita pilhut ini disampaikan namun belum ada realisasinya, dengan adanya kepastian ini maka kami merasa lega dan siap meramaikan pelaksanaan pilhut ini,”ujar  Fian Kapoyos warga Ranomerut kecamatan Eris.  (Hence)

No comments

Powered by Blogger.