Iklan

July 19, 2016, 05:51 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:58:34Z
Mitra

Sumendap Bakal Mantapkan Fasilitas Publik

Jurnal,Ratahan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) segera melakukan pemantapan sejumlah infrastruktur dan fasilitas publik yang berada di Ibukota Ratahan.


Beberapa pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan seperti pembangunan jalan protokol yang berada di dalam Ibukota sampai mengarah ke Belang dengan melibatkan pemerintah pusat. Hal ini dikatakan Bupati Mitra james Sumendap SH.


Dilanjutkan Sumendap bahwa pihaknya sudah mengupayakan ke pemerintah pusat untuk pengaspalan jalan protokol Ibukota Ratahan mengarah ke Belang, yang sudah merupakan jalan nasional.
“Pembangunanya kelas jalan nasional, dan direncanakan di mulai tahun 2017 dengan anggaran kisaran Rp35 miliar,” ungkapnya.

Sumendap menjelaskan, untuk seluruh jalan-jalan akses dalam ibukota saat ini sudah mantap, termasuk jalan lingkar Tosuraya-Lowu.
“Kalau untuk jalan di lorong-lorong sudah mantap karena ada pengaspalan. Kita juga berencana membuka jalan lingkar dari arah Wawali sampai Lowu,” ujarnya.
Selain itu, perbaikan serta pembangunan saluran drainase yang ada di Ratahan masuk dalam rencana kerja Pemkab mendatang. “Khususnya untuk perbaikan drainase yang ada di Ratahan, nanti akan dimulai pada tahun depan,” tambahnya.


Pembangunan jalan pertanian dan perkebunan di sekitar Ratahan menurut Bupati masih menjadi prioritas Pemkab untuk mendukung aktifitas bagi para petani di wilayah tersebut.
“Seperti tahun ini di kawasan Wowol Lamet ,embuk dan Lumpias sudah diaspal. Tahun depan untuk jalan pertanian tetap kita akan aspal lagi,” ujarnya.
Selain itu sejumlah fasilitas publik untuk tahun depan sebagian sudah dapat digunakan oleh masyarakat di Ratahan.


“Seperti pasar modern Ratahan, awal tahun atau 1 Januari sudah bisa digunakan oleh masyarakat, karena pembangunan segera dilanjutkan. Untuk fasilitass publik lainnya segera dibuat lebih memadai dan nyaman bagi masyarakat, baik pendidikan dan kesehatan,” tambah Sumendap.
Ditambahkannya bahwa sejumlah infrastruktur dan fasilitas publik lainnya untuk penataan Ratahan akan dipersiapkan Pemkab, sembari menambahkan pentingnya dukungan dari masyarakat untuk mewujudkan hal tersebut.

“Infrastruktur lainnya tetap akan diperhatikan oleh Pemkab, tapi yang saya harapkan juga adanya dukungan serta keterlibatan dari masyarakat,” ujarnya. (hak)