Header Ads

Walikota : Antisipasi Pemanasan Global, Perlu Kesadaran Masyarakat



Jurnal,Tomohon -  Bagian Administrasi Sumber Daya Alam (SDA), Sekretariat Daerah Kota Tomohon menyelenggarakan kegiatan Temu Koordinasi Tentang Pengendalian Pencemaran dan Polusi di Kota Tomohon. 


Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Tomonon Selatan yang dibuka oleh Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.
Dalam sambutannya, Walikota mengatakan, Undang-undang nomor 23 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup.
“Gambaran tentang masuk atau dimasukannya zat, energy, makhluk hidup dan atau komponen lain kedalam suatu lingkungan yang dilakukan oleh manusia, sehingga kualitas dari lingkungan tersebut turun sampai pada tingkat tertentu bahkan menyebabkan pencemaran lingkungan,” terang Eman. Sembari memberikan contoh, pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran suara, pencemaran logam berat dan lain sebagainya. Dampak dari semuanya adalah terjadinya pemanasan bumi atau global warming.

Untuk itu ia berharap masyarakat agar merubah mindset agar tidak membuang sampah secara sembarangan dan sebaiknya mengelola bahkan memilah sampah sesuai dengan jenisnya dengan melakukan konsep 5R yaitu : Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang), Replace (menggantikan) dan Replant (menanam kembali).

Kepala Bagian Administrasi Sumber Daya Alam Setda Kota Tomohon Dra. Adelien Poluan dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan Temu Koordinasi Tentang Pengendalian Pencemaran dan Polusi Di Kota Tomohon ini tujuannya untuk mengkoordinasikan abtar instansi-instansi terkait unsur pemerintah dan masyarakat dalam hal pengendalian lingkungan hidup serta upaya penanganan dan pengendalian atas pencemaran dan polusi di Kota Tomohon.

Salah seorang pemerhati lingkungan di Kota Tomohon yang juga penerima penghargaan  kalpataru tahun 2007 sebagai Pembina lingkungan hidup yaitu Adolf Masengi sangat mengapresiasi kegiatan Temu Koordinasi Tentang Pengendalian Pencemaran dan Polusi di Kota Tomohon yang diselenggarakan ini. Beliau sangat setuju agar kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan karena akan mengangkat lagi bagaimana cara melestarikan lingkungan hidup di kota Tomohon.(michael)

No comments

Powered by Blogger.