Header Ads

Lampus:Pelaku Usaha Wajib Sediakan Toilet yang Layak


Jurnal, Manado - Menyediakan sarana sanitasi yang layak merupakan faktor yang sangat penting untuk setiap tempat-tempat layanan publik, dan para pelaku usaha. Demikian himbauan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr.Jemmy Lampus.

Menurut Lampus, pentingnya ketersediaan toilet yang layak akan meminimalisir penyebaran penyakit menular dan virus.

"Sarana sanitasi atau toilet yang bersih sangat penting bagi para pelaku usaha, pengunjung yang datang dan karyawan sebagai pekerja, untuk mencuci tangan, buang air besar dan kecil," jelas Lampus

Lampus pun membeberkan bahaya yang akan mengintai jika suatu tempat layanan umum dan tempat usaha baik warung, minimarket, toko dan swalayan yang tidak menyediakan toilet yang bersih.

"Mencuci tangan menggunakan sabun itu sangat penting, apalagi usai membuang air besar karena ditangan kita ada banyak kuman yang tidak terlihat dengan mata telanjang, bahayanya jika kita langsung menggunakan tangan untuk makan, makanan yang kita makan sudah terkontaminasi kuman yang bisa menyebabkan penyakit-penyakit usus dan diare" bebernya.

Dirinyapun menghimbau kepada masyarakat, untuk menyadari pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun.Serta menjadikan hal tersebut sebagai sebuah kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.(bin)


No comments

Powered by Blogger.