Header Ads

Malam AFI ke 5. Olly Dorong Dunia Perfilman Sulut

Jurnal,Manado - Malam penganugerahan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016,  Sabtu (8/10/2016) malam di Grand Kawanua International Centre (GKIC).

Hadir dalam puncak Rima Melati, Widya Wati, Marini, Popy Syarif, Kiniaryosi dan Karina Salim.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, menjadi kebanggaan bagi Sulut dengan dilaksanakannya penganugerahan perfilman di bumi nyiur melambai.

"Ini untuk pertama kali dilaksanakan di sulut dan kami sangat bangga," terang Olly.

Ini juga kata gubernur, untuk mendorong perekonomian terutama bidang pariwisata dan budaya sulut. Dengan dilaksanakannya malam AFI membawa dampak bagi dunia luar untuk kunjungan ke daerah.

Sementara Menteri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam sambutannya mengatakan, AFI memasuki tahun ke - 5. Dimana awal penyelenggaraan di tahun 2012 di Sentul, Bogor Jawa Barat.

"Tahun ke 5, AFI dilaksanakan malam ini di gedung GKIC,"kata Muhadjir.

Menurutnya, ini bentuk apresiasi film - film indonesia yang bertemakan nilai budaya, kearifan lokal dan pembangunan karakter bangsa pemerintah akan memberikan penghargaan. Pemberian itu juga kata Muhadjir telah berhasil meningkatkan standar etis, moral, estetis dan artistik karya film yang membangun karakter bangsa serta menunjukkan keluhuran budaya indonesia di mata dunia.

Maman Wijaya selaku Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, kategori penghargaan AFI 2016 meliputi, penghargaan khusus ada 9 kategori, penghargaan utama terdiri dari 10 kategori, penghargaan inspiratif 2 kategori.

"Semoga kegiatan ini dapat diterima dan bermanfaat serta memajukan perfilman indonesia sehingga semakin berkualitas dan dapat bersaing di dunia internasional,"tutupnya.(man)



No comments

Powered by Blogger.