Header Ads

Tak Sia - Sia, Pemprov Terima Bantuan 30 M



Jurnal,Manado -  Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menerima bantuan peralatan dalam rangka penguatan kelembagaan di BPBD se-Provinsi Sulut senilai 30.663.556.190 M.

Penyerahan bantuan tersebut diberikan langsung Kepala BNPB Willem Rampangiley di Kantor BPBD Sulut, Jumat (14/10) sore tadi, yang ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima barang.

Gubernur menyampaikan terima kasih kepada  Rampangiley, yang telah memberikan bantuan peralatan bencana bagi kita di daerah ini, karena peralatan ini sangat dibutuhkan apabila nantinya terjadi peristiwa bencana.

"Karena memang Provinsi Sulut selain di apit lima gunung berapi dan juga kountur tanah tang sangat memungkinkan terjadinya bencana, baik gempa bumi, banjir dan tanah longsor. Sehingga sudah menjadi kemutlakan diperlukan upaya pemantauan, pencegahan dan penanganan bencan yang cepat dan tepat di daerah yang beresiko tinggi terdampak bencana,"ujarnya

sembari memberi contoh Kantor BPBD Sulut saat peristiwa bencana banjir bandang yang terjadi pada tahun 2014 lalu ikut pula terkena bencana. Kedepan saya akan pindahkan Kantor ini ke wilayah yang lebih aman, sama seperti Kantor SAR yang berada di Minut, juga termasuk kantor-kantor pelayanan masyarakat akan ditempatkan didaerah aman agar bisa berfungsi maksimal, janjinya.

Kesempatan itu Gubernur juga secara khusus memberi apresiasi kepada Willem Rampangiley yang telah sukses menggelar iven nasional dan even regional ASEAN di Provinsi Sulut yakni Peringatan bulan pengurangan resiko bencana nasional, ASEAN Ministerial Meeting on Disaster Managemen (AMMDM) serta ASEAN Kommittee on Disaster Management (ACDM), dari Tanggal 11-14 Oktober 2015.

Sementara itu Willem Rampangiley mengatakan, bantuan operasional tersebut, nantinya akan digunakan untuk kepentingan operasional dalam rangka penanggulangan bencana, sembari menyebutkan, ada 17 itm bantuan yang di berikan kepada pemerintah Provinsi Sulut yakni tenda posko 5 unit, velbed 20 unit, tenda keluarga 20 unit, tenda pengungsi 10 unit, lighting tower portable 1 unit, disaster rescue operation boat 1 unit, bantuan logistik 1 unit, mobil tangki air 3 unit, mesin perahu 18 PK 1 unit, perahu lipat 3,27 M 1 unit, motor trail 2 unit, truk serbaguna 3 unit, speedboad 1 unit, speedboad manta 3 unit, perahu dolphin 5 unit, speedboad polyethylene 5 unit serta handy talky 10 unit.

Usai penyerahan bantuan, Gubernur langsung meresmikan gedung Pusdalops BPBD Sulut yang ditandai dengan penanadatangan prasasti, penekanan tombol sirine serta penguntingan pitah, peninjauan gedung serta melihat langsung bantuan peralatan bencana.(man)

No comments

Powered by Blogger.