Header Ads

Walikota Presentasikan Smart Energy

Jurnal,Tomohon - Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengikuti pertemuan Walikota-Walikota dalam dalam rangka merealisasikan program kota cerdas khususnya dalam bidang  efisiensi energi dan pengembangannya secara berkelanjutan sekaligus tampil mempresentasikan  Energy Cerdas (Smart Energy)  yang telah di gagas bersama komponen terkait. Tampil memukau bersama Ketua dan para wakil ketua DPRD Tomohon dalam kegiatan bertajuk Moscow Enes Expo 2016 yang dilaksanakan pada 23-24 November 2016 di Gostiny Dvor, Russia. Pada keikutsertaan ini walikota dan beberapa pejabat eselon Dua Tomohon, juga menerima banyak  pandangan untuk pengembangan energi terbarukan dan ramah lingkungan, berkesinambungan serta inisiatif dalam pengembangan energi melalui para ahli melalui pembicara utama seperti Menteri Energi Russia Alexander Novak,Dirjen Pusat Inovasi Islandia Thortstein Sigtuson Inga Direktur Energi  Jerman, dkari Singapura dan Inggris.

Dikatakan walikota, seperti yang disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara yang mengatakan saat ini kita harus bergerak lebih maju dan menerapkan apa yang baik atau praktek-praktek yang terbaik dari daerah maupun negara lain yang kita kunjungi jadi bukan lagi studi banding tetapi studi tiru untuk diterapkan bagi kemajuan daerah masing-masing.
"Kehadiran Kota Tomohon tidak hanya mewakili Sulut tapi juga Indonesia untuk mempresentasikan tentang energi terbarukan yang sangat potensial dan dimiliki  Kota Tomohon,"terang dia.

Dalam pertemuan disaksikan  40 walikota dari negara lain serta perwakilan dari sejumlah negara di Eropa, Asia dan Amerika, walikota sendiri merupakan satu-satunya Wali Kota yang mewakili Indonesia yang ditunjuk mempresentasikan energi terbarukan Panas bumi Lahendong yang sudah berproduksi dan telah dinikmati Propinsi Sulawesi Utara dan sekitarnya. Uap yang dihasilkan telah diperbaharui sebagai energi listrik.
Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol F. F. Lantang, STTP mengatakan, kehadiran Wali Kota Jimmy Eman di konfrensi tingkat dunia ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Tomohon.
"Undangan kepada Wali Kota Tomohon Jimmy. F. Eman, SE. Ak merupakan penghargaan dari Pemerintah RI kepada masyarakat Tomohon. Apalagi Wali Kota Jimmy Eman akan menjadi salah satu pembicara," jelas Lantang.
Keberangkatan Wali Kota ke Moskow didampingi Pimpinan DPRD Tomohon, Ir. Miky. J. L. Wenur, Caroll Senduk, SH, dan Youddy. Y. Y. Moningka, SIP. Bersama para pejabat seperti Kadistarumansa Drs O D S Mandagi, Kadiskop Theo Paat SIP, Kepala BKD Masna J Pioh S Sos.(michael)

No comments

Powered by Blogger.