Header Ads

Siloam Gelar Media Gathering Penyakit Jantung


Dr. Vicktor Saat Memberikan Penjabaran Terkait Penyakit Jantung

Jurnal,Manado - Penyebab penyakit jantung koroner (PJK) adalah penyakit jantung yang disebabkan penyempitan arteri koroner, mulai dari terjadinya atersoklerosis (kekakuan arteri) maupun yang sudah terjadi penimbunan lemak atau plak (plague) pada dinding arteri koroner, baik disertai gejala klinis atau tanpa gejala sekalipun. Demikian dikatakan Dr Vicktor Joseph SpJP - FIHA, saat mempresentasikan penyebab penyakit jantung koroner pada kegiatan Media Gathering yang dilaksanakan oleh RS Siloam, Selasa (28/02/2017), di Room VIP Cakrawala, Hotel Aryaduta Manado.

Menurutnya, Pasien yang merokok, atau memiliki kondisi seperti diabetes mellitus, hipertensi dan kolesterol darah atau kadar lemak tinggi rentan untuk mengalami penyakit jantung koroner.


“Jantung memiliki tiga arteri utama jantung. Pasien dikatakan memiliki penyakit pembuluh darah single, double, atau triple, tergantung banyaknya pembuluh darah yang menyempit. Ketika penyempitan menjadi kritis, pasien dapat memiliki gejala seperti nyeri dada atau napas pendek. Istilah medis, ini disebut angina. Plak kolesterol menyebabkan penyumbatan yang kadang mendadak pecah, mengakibatkan gumpalan darah terbentuk. Gumpalan darah ini akan memotong asupan darah dan menyebabkan kerusakan otot jantung. Ini dikenal sebagai infarksi miokardial, biasanya dikenal sengan “serangan jantung”. Pasien mungkin menderita nyeri dada berlebih, napas pendek, palpitasi, sakit kepala, tangan berkeringat dingin, dan bahkan kematian mendadak,”terang Vicktor.

Ada beberapa tahap dalam pengobatan jantung koroner yaitu, Perubahan Gaya Hidup, Pengendalian factor resiko utama penyakit jantung koroner, Terapi Medis, Intervensi Jantung Perkutan, Operasi.

Sementara Direktur Siloam Dr Abraham Talumewo MHSM, saat memberikan sambutan mengatakan, di RS Siloam sendiri telah memiliki fasilitas diantaranya penambahan tenaga medis khusus penyakit jantung.

“Ada lima dokter spesialis penyakit jantung yang telah bergabung di rumah sakit kami,”katanya. Sembari menambahkan saat ini sekira 40 pasien per bulan dilakukan tindakan katerisasi.

Siloam juga telah menyediakan program khusus tentang awarness jantung dan program pemeriksaan jantung sehat hingga CT Scan.

“Siloam juga memfasilitasi paket jantung sehat,”pungkasnya.(man)

No comments

Powered by Blogger.