Header Ads

Wahjuningrum : Tidak Ada di Renstra Terminal Liwas Untuk Peti Kemas


Direktur Wahjuningrum dan Kadishub Prov Joy Oroh dan Kadishub Kota M. Sofyan

Jurnal,Manado - Pekerjaan pembangunan terminal yang ‘seksi’ sehingga terus saja dibicarakan. Padahal pihak Dirjen Perhubungan RI yang diwakili oleh Direktur Prasarana Perhubungan Darat Jujun Endah Wahjuningrum telah datang dan mengunjungi langsung lokasi terminal liwas yang berdiri diatas lahan sebesar 5 hektar. Apalagi soal peruntukkan terminal tersebut yang ditegaskan oleh direktur bahwa terminal tersebut hanya untuk angkutan naik turun penumpang dari wilayah satu ke wilayah yang lain.
“Sebagai direktur prasarana saya belum tau kalau terminal liwas akan dikembangkan untuk peti kemas,”kata Jujun, saat diwawancarai jurnalmanado.com, usai melakukan kunjungan di terminal beberapa waktu lalu.
Kata direktur ini, di renstra mereka tidak ada program seperti itu.
“Yang penting terminal dulu beroperasi tahun depan. Persyaratan administrasinya sesuai aturan,”tegasnya.
Telah diberitakan sebelumnya, terminal liwas yang merupakan perencanaan dari Kementerian Perhubungan RI sejak tahun 2012. Dimana pembangunan fisik terminal ini telah ditandai dengan peletakan batu pertama Pembangunan baru terminal Liwas pada Selasa (27/08/2013) lalu. Terminal ini akan berfungsi selain sebagai terminal penumpang bagi angkutan kota dan antar kota, juga akan jadi terminal peti kemas. Untuk mendukung dan mensukseskan pembangunan terminal ini maka Pemerintah Kota (PEMKOT) Manado telah menyediakan lahan seluas 4,2 Ha, dimana 2,7 Ha dipersiapkan untuk terminal penumpang AKAP dan sisanya yaitu seluas 1,5 Ha akan digunakan untuk pembangunan terminal peti kemas
Sementara untuk akses, nantinya akan menghubung ke Ringroad dan jalan Tol Manado-Bitung. Selanjutnya kendaraan peti kemas dan bus dari luar akan disediakan jalur khusus yang menghubungkan ke jalan utama tersebut, sehingga akses angkutan kota dengan angkutan bus disitu nantinya akan satu jalan. Karna itu lajurnya akan diperlebar.(man)

No comments

Powered by Blogger.