Header Ads

Wagub Bersama TP - PKK Dampingi Menteri Peringati Berdirinya PIKAT

Menteri Bersama Wagub Beserta Jajaran Saat Peringati Berdirinya PIKAT
Jurnal,Manado - Berdirinya Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunnya ( PIKAT) tidak lepas dari kegigihan dari Ibu Maria Walanda Maramis, Pahlawan Perempuan Nasional RI, dengan keterbatasan beliau bercita- cita yang sangat tinggi untuk memajukan kaum perempuan. Perjuangan ini diwujudkan dengan mendirikan organisasi PIKAT. Demikian dikatakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik IndonesiaI Prof. DR. Yohana Susana Yembise Dip.Apling ,MA, pada acara Hari Ulang Tahun PIKAT ke - 100 di Graha Bumi Beringin Manado Sabtu ( 08/07/2017 ).

"Saat ini kita menghadapi tantangan yang sangat berat secara demografi laki-laki dan perempuan tidaklah jauh berbeda menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2014  prosentase penduduk laki- laki 50,25 persen dan perempuan 49, 75 persen  walaupun  jumlahnya hampir seimbang namun kualitas hidup  perempuan masih lebih rendah dari laki-laki dan lebih di perparah lagi dengan tingginya kasus kekerasan yang menimpa perempuan," terang Menteri. Sembari menambahkan fakta -fakta itu sebagai salah satu struktur organisasi pemerintah yang memiliki fungsi pemberdayaan dan perlindungan bagi perempuan dan anak mulai tahun 2016.

"Saya mencanangkan isi prioritas yang di kenal dengan sebutan Three Ends atau Tiga Akhiri yaitu Akhiri kekerasan perempuan dan anak, Akhiri perdagangan manusia dan Akhiri akses ekonomi terhadap perempuan,"jelasnya. 


Pemerintah telah berupaya untuk mensejahterahkan perempuan dan anak tetapi kita  tidak dapat bekerja sendiri, kami bermitra dengan seluruh elemen masyarakat, saya mengapresiasi peranan PIKAT dalam menunjang program pemerintah pusat untuk memberdayakan perempuan dan melindungi anak di Indonesia. 

"PIKAT telah banyak membantu pemerintah. Kami juga membantu PIKAT untuk mensukseskan program kementerian," ujarnya

Yohana juga berharap PIKAT dalam usianya yang ke 100 tahun itu dapat terus berkarya. "Selamat ulang tahun untuk PIKAT. Sukses untuk kita semua," tutup Menteri Yohana Yembise. 


Dalam kesempatan yang sama Wakil Gubernur Sulawesi Utara  Drs Steven O E Kandouw yang didampingi Wakil Ketua TP-PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos Mars mengatakan, atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat sulawesi utara mengucapkan  selamat datang di daerah nyiur melambai serta ucapan terima kasih kepada Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Prof.Dr. Yohana Yembise boleh berkenan hadir dalam acara HUT ke- 100  PIKAT dan menapresiasi yang tinggi kepada pengurus PIKAT, Yang terus berkumandang tentang sosok seorang perempuan yang bernama Maria Walanda Maramis yang menjadi kebanggaan daerah maupun Nasional , bagaimana sepak terjang beliau memperjuangkan kaum perempuan dan  beliau  adalah adik kandung Pahlawan Nasional A A Maramis yang memperjuangkan kaum gender di jaman kolonialisme penjajahan  


Selanjutnya Kandouw menghimbau, dengan HUT PIKAT ke-100 tahun, merupakan suatu momentum yang tepat untul semakin memperkuat kapasitas dan kualitas kaum perempuan dalam memperjuangan keadilan gender di bidang ekonomi, sosial politik, hukum dan sebagainya di wilayah Provinsi Sulawesi Utara,
dan semangat Maria Walanda Maramis merupakan bentuk komitmen yang menjadi kepedulian kita bersama, khususnya kaum perempuan dalam menyatakan bahwa perempuan adalah representasi dari separuh pelaku dan penerima manfaat dari pembangunan.
Komitmen ini bukan hanya dari dan untuk kaum perempuan saja, namun juga memperkuat dukungan kaum laki- laki untuk mewujudkan kesetaraan gender karena pemberian kesempatan
juga memerlukan upaya yang sistematis terprogram dan berkesinambungan pada semua sisi pembangunan, kerjasama dengan entitas sosial lain yang memiliki kepekaan terhadap persoalan perempuan dalam upaya kesetaraan gender di semua lini kehidupan.

Dengan harapan PIKAT mampu mensinergikan visi dan misi,dan langkah organisasi dalam arah  proyeksi  yang sama dengan pemerintah dan tetap mempertahankan semangat Ibu Maria Walanda Maramis serta semakin resposif terhadap berbagai tantangan dan ancaman yang senantiasa hadir sebagai hambatan dalam mencapai tujuan bersama, tutup Wagub Steven Kandouw


Turut hadir dalam acara tersebut Assisten 1 Bidang Pemerintahan Jhon Palandung Sulut , Kaban Litbang Sulut Jemmy Lampus dan Pengurus PIKAT Kabupaten Kota se Sulut.(man) 

No comments

Powered by Blogger.