Header Ads

Tidak Pernah Terkalahkan di Kancah Nasional, Paul Berkeinginan Bertarung di Kelas Dunia MMA

Jurnal,Manado - Paul Lumihi putra asal Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara (Minut), ternyata sangat piawai memainkan beladiri Mixed Martial Art (MMA). Olahraga dari gabungan semua ilmu beladiri yang tergolong extrim ini mampu dikuasainya dan bahkan Paul mampu menyabet 5 kali juara dan 4 kali mempertahankan gelar di kancah nasional.

"MMA ini merupakan level juara yang tidak gampang, saya sebenarnya sekarang itu skor 7-0 artinya tidak pernah terkalahkan. Itu semua tidak lepas dari doa dukungan dari masyarakat Sulut yang peminat (MMA) sudah sangat banyak," terang Paul, saat melakukan konfrensi Pers bersama wartawan di Ruang F.J Tumbelaka pada Rabu (17/01) sore tadi, didmapingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulut, Jani Lukas bersama Pelatih/Pendamping Franky Paat.


Kata Paul, terlahir dari jiwa petarung, dan tekad baja dia mengawali karier di dunia beladiri adalah wushu.
"Saya masuk hingga Pra PON kejuaraan wushu. Setelah itu, saya hijrah ke jakarta dan mengikuti latihan dan audisi MMA. Puji sukur berkat latihan keras, setiap hari dari jam  03:00 - hingga jam 24:00 WIB saya berhasil meraih juara nasional,"ucapnya. Sembari menambahkan, kejuaraan MMA tidak mudah, selain itu semua perwakilan daerah yang terbaik berebut kemenangan.

Ia pun punya impian untuk melanjutkan kariernya dilevel yang lebih tinggi.

"Rencananya tahun ini akan go internasional, akan ke las vegas, dan saya juga ikut kejuaraan se-asia mudah - mudahan bisa juara dunia,"pungkasnya.

Kadispora Sulut, Jani Lukas selaku perwakilan Pemprov Sulut mengungkapkan bahwa melalui pimpinan Gubernur (Olly Dondokambey), Wakil Gubernur (Steven Kandouw) dan Sekertaris Provinsi (Edwin Silangen) berkomitmen kuat dalam memajukan olahraga di Sulut.

"Memang olahraga MMA termasuk baru di Sulut dan sementara ini menurut informasi sedang ada pengembangan melalui camp-camp latihan. Nanti akan disampaikan ke pimpinan, karena juga sekarang ini kami (Dispora) masih menata untuk persiapan PON 2020. Apresiasi setinggi-tingginya juga dari Pak Gubernur untuk Paul Lumihi sebagai putra Sulut yang telah mengharumkan nama Sulut dikanca nasional," terang Lukas, sembari menambahkan selain Paul juga terdapat dua nama yakni, Billy dan Marvel yang turut serta sebagai atlet MMA.

"Untuk itu juga komitmen OD-SK dalam memajukan olahraga di Sulut dan tentunya juga nanti akan mempersiapkan untuk MMA," tandasnya.(man)


No comments

Powered by Blogger.