Header Ads

Manado Fiesta 2018

Tingkatkan Kapasitas Penyuluh, Distanak Laksanakan Monev

Jurnal, Ratahan - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Monitoring dan Evaluasi program penyuluh dalam hal Kinerja Penyuluh.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Mitra Elly Sangian melalui Kabid Penyuluh Audy Rondo rabu 25/4 mengatakan bahwa Monev dilaksanakan di semua Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang tersebar di 12 Kecamatan."Peningkatan kapasitas penuyuluh pertanian sangat penting karena tugas utamanya akan melakukan pendampingan bagi kelompok petani untuk meningkatkan produksi," ujarnya. 

Lanjut Rondo bahwa melalui hal tersebut akan terlihat prestasi kerja dalam menjalankan program pembangunan penyuluhan pertanian."Dari hasil tersebut semua sudah menunjukan yang terbaik,  ini merupakan dasar yang nantinya akan dikaji untuk meningkatkan kinerja penyuluh. Selain itu pula dilakukan evaluasi kinerja sebagai asn dengan melihat laporan kegiatan harian serta bulanan, agar kinerja penyuluh optimal," tukasnya. 

Dirinya juga mengungkapkan Menyangkut pendampingan kelomppk di wilayah kerja masing-masing penyuluh belum maksimal mengingat untuk daerah mitra sangat kurang penyuluh dari data yang ada yaitu 40 ASN di tambah 4 THL penyuluh di Kabupaten Mitra."Idealnya 1 desa 1 penyuluh dan saat ini 1 penyuluh menangani 3 sampai 4 desa /Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian (WKPP)," jelas Rondo. (hak) 

No comments

Powered by Blogger.