Header Ads

Wujudkan Pemerintahan Berbasis Kinerja, Bupati Paparkan SAKIP Mitra di Kemenpan

Jurnal, Jakarta - Pemkab Minahasa Tenggara dibawah kendali Bupati James Sumendap terus melakukan berbagai langkah strategis untuk terus memantapkan dan mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabrl. Hal ini dapat terlihat dengan komitmen yang kuat untuk mengimplementasikan e-SAKIP mulai 2019 nanti.
Menurut Bupati James Sumendap, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) adalah merupakan alat kontrol bagi jajaran yang dipimpinnya dan 
mewujudkan pemerintahan yang berbasis kinerja benar-benar akan terlihat dan berhasil secara terukur. 
Lanjut menurut Bupati, komitmen pemerintah dalam merubah pola pikir organisasi dan Aparatur Sipil Negara (ASN) juga harus dikuatkan. Salah satunya, perubahan pola pikir sebagai kunci reformasi birokrasi yang sesungguhnya.
“Untuk menciptakan kondisi birokrasi yang ideal harus berbenah diri atau reform, yaitu merubah mindset, merubah budaya dari yang biasanya kerja kerja rutin menjadi kegiatan yang bermanfaat dan dapat meraih hasil yang jelas dan terukur” ungkap Bupati JS saat memaparkan implementasi SAKIP Pemkab Minahasa Tenggara pada Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Senin (17/09/2018).

Sementara itu, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Ronald Andrea Annas, Ak mengatakan bahwa kehadiran langsung Bupati Minahasa Tenggara, Bapak James Sumendap dalam memaparkan langsung SAKIP, merupakan bukti atas sebuah komitmen yang nyata dalam rangka membangun transparansi dan akuntabilitas performa birokrasi yang berorientasi pada hasil yang berasal dari perencanaan, pengukuran pelaporan dan monitoring, yang sasarannya menjadikan pemerintahan dapat berjalan secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat. 
“kami sangat berbangga karena komitmen Bupati James Sumendap sangat nyata untuk mendukung reformasi birokrasi dengan mewujudkan pemerintahan dapat berjalan dengan efisien, efektif dan responsif terhadap masyarakat” kata Annas.

Dalam pemaparan SAKIP Pemkab Minahasa Tenggara pada Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Bupati James Sumendap, turut didampingi Asisten 3, Inspektur, Kepala Bappeda, Kadis Kesehatan, Kabag Ortal, Kabag Pembangunan.(hak)

No comments

Powered by Blogger.