Header Ads

Ketua DPRD Sulut Dampingi Gubernur Tandatangani MoU Dengan Menteri Pariwisata Negara Bagian Sabah Malaysia

Gubernur dan rombongan bersama Ketua Menteri Sabah Datuk Moh. Shafie Apdal Saat Melakukan Pertemuan
Jurnal,Malaysia – Sektor Pariwisata sekarang ini semakin dibidik oleh negara luar. Hal itu tak lepas dari komitmen Pemerintah dalam memajukan daerah Sulawesi Utara dalam bidang pariwisata. Hal itu terbukti saat Ketua DPRD Sulut Andre Angouw mendampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama rombongan melakukan kunjungan ke Negeri Malaysia guna membicarakan hubungan kerjasama anatara Sulut dan Malaysia.
“Ini contoh kongkrit seorang kepala daerah di indonesia yang fokus menggerakkan kemajuan pariwisata daerahnya. Setelah membuka rute penerbangan Manado-Tiongkok sejak 4 Juli 2016 lalu, jumlah turis mancanegara yang didominasi turis Tiongkok yang berkunjung ke Sulut melonjak hingga 100 ribu orang pada September 2018,” kata Angouw, usai sekembalinya dari mendampingi gubernur di malaysia.
Pencapaian ini luar biasa karena rata-rata kunjungan wisman ke Sulut selama 10 tahun terakhir hanya berkisar di angka 10.000 sampai 15.000 orang per tahun. Keadaan ini menguntungkan perekonomian Sulut. Pertumbuhan ekonomi Sulut mencapai 6,23 persen atau diatas rata-rata nasional. Sekarang ini telah dirintis kerjasama penerbangan langsung (direct flight) dari Manado ke Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia yang bakal dimulai awal tahun 2019.
Untuk mematangkan rencana tersebut gunberur melakukan pertemuan sekaligus menandatangani naskah kerjasama (MoU) dengan Menteri Pariwisata Negara Bagian Sabah Malaysia, YB Datuk Christina Liew di Sabah, Jumat (23/11/2019) pagi. Gubernur jeli melihat posisi strategis Kota Kinabalu sebagai salah satu wilayah tujuan wisata yang cukup besar di Malaysia. Tercatat sebanyak 2 juta turis mengunjungi Kota Kinabalu. Selain memiliki potensi wisata yang besar, Kota Kinabalu juga memiliki kedekatan geografis dengan Sulut. Jika kedua wilayah ini jika dihubungkan dengan akses penerbangan langsung akan menguntungkan pariwisata Sulut karena bakal menambah jumlah kunjungan Wisman yang datang dari Kota Kinabalu ke Sulut.
“Sebagai wakil rakyat kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada pak gubernur karena program beliau memajukan sulut di sektor pariwisata. Imbasnya pasti dirasakan warga sulut sendiri. Ini langkah yang luar baisa dilakukan oleh gubernur,”kata Angouw.
Pertemuan bilateral yang difasilitasi Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana ini turut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS, Anggota DPRD Rocky Wowor, Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Dino Gobel, jajaran Kedubes RI di Malaysia dan Kementerian Pariwisata Negara Bagian Sabah.(advetorial)

No comments

Powered by Blogger.