Header Ads

Gelar Musrembang RKPD ,GSVL Katakan Perencanaan tetap Mengacu pada RPJMD

Jurnal Manado - Hal ini disampaikan oleh Walikota Manado, Dr. G.S.Vicky Lumentut saat membuka Musrenbang RKPD 2020 Kota Manado pada Selasa (26/3) yang dilaksanakan di Ruang Serba Guna Kantor Walikota Manado.

Menurutnya Tahun 2019 merupakan tahun yang menentukan keberhasilan pelaksanaan perencanaan yang tertuang dalam RPJMD Kota Manado 2016- 2021.

"Tahun ini merupakan tahun-tahun yang menentukan RPJMD 2016-2021, dimana pada tahun 2021 merupakan tahun transisi. Tugas saya menghantarkan RPJMD ini" kata Walikota.

"Saya harapkan semua perencanaan yang dibuat tetap mengacu pada RPJMD Kota Manado 2016-2021, dengan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan." tegas Walikota.

Lanjutnya, Walikota Vicky Lumentut menitipkan beberapa hal menjadi bagian dalam Penyusunan RKPD Kota Manado 2020.

"Tahun ini dan tahun 2021 merupakan tahun pemilu baik pemilihan Presiden dan DPR, dan kedepan pemilihan kepala daerah. Kita (Pemkot Manado) harus menyukseskan kegiatan pemilu ini. Jadi saya harapkan teman-teman bapelitbang untuk memperhatikan ini." ujarnya.

Selain Pemilu, peningkatan sumber daya manusia, keamanan dan ketertiban, pembangunan infrastruktur kota, dan pengelolaan persampahan menjadi perhatian penting Walikota.

"Peningkatan Sumber Daya Manusia, kita harus menginvestasikan banyak dalam bidang ini untuk membuat Manado lebih baik, jadi dalam penyusunan RKPD harus disiapkan" Kata Walikota

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kepala bapelitbang Manado, Dr. Liny Tambajong (Kaban Liny) menjelaskan bahwa pada tahun 2019 pemerintah kota Manado telah menetapkan 8 program cerdas.

"8 Program Cerdas pemerintah Kota Manado yaitu program pemberdayaan dan pemberian bansos pada lansia, program pengobatan gratis UC, PBL Mapalus/Kotaku/Bantuan Bencana, pemberian tunjangan penghasilan ASN, Program peningkatan insentif bagi rohaniawan"

"Program bantuan pendidikan bagi siswa, mahasiswa, dan peneliti, program good governance dan clean government dan pelayanan publik, serta program pelatihan tenaga kerja dan pengembangan kreatifitas" jelas Kaban Liny saat membawakan materi dihadapan para peserta Musrenbang RKPD Kota Manado.

Sambungnya, dalam pelaksanaan musrenbang sampai forum PD telah diterima sebanyak 110 usulan kegiatan dari masyarakat dengan total anggaran sebesar Rp. 86,1 M, yang terbagi dalam 3 bagian utama yaitu bagian infrastruktur, bagian ekonomi, dan bagian sosial budaya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Walikota Manado, Ketua DPRD Kota Manado, Perwakilan Bappeda Provinsi Sulut, Perwakilan Kejaksaan Tinggi, LSM, Tokoh masyarakat, Akademisi, dan para Kepala PD Kota Manado. (Ipeh)
Powered by Blogger.