Header Ads

Buka Kegiatan Kemasjidan. Rasyid Ajak Lewat Masjid Perangi Radikalisme

Kakandepag Didampingi Kasie URAIS Drs. Kalo Tahirun Saat Membuka Skaligus berikan Materi
JurnalManado - Kanwil Agama Prov. Sulut melalui Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Prov.Sulut melaksanakan kegiatan Pembinaan Standart Manajemen Masjid Berbasis Tipologi Tahun 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Quality dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulut DR. H. Abd. Rasyid, M.Ag, didampingi Kasie Urusan Agama Islam Drs. Kalo Tahirun.

Dalam sambutannya, Rasyid menjabarkan kepada seluruh perwakilan pengurus masjid tentang bagaimana peran dan fungsi masjid yaitu sebagai pemersatu umat, menghidupkan semangat musyawarah, membentengi aqidah umat, menjadi uswah bagi jamaah dan menjadi rujukan dalam masalah keislaman dan membangun soliditas jamaah.

Pada kesempatan itu pula Kakandep Agama Sulut ini menjelaskan bagaimana mencegah radikalisme dari keutuhan NKRI yaitu agar selalu memberikan pemahaman dan kepada umat dengan pengetahuan yang baik dan benar serta meminimalisir kesenjangan sosial.

"Menjaga Persatuan dan Kesatuan mendukung aksi perdamaian serta berperan aktif dalam melaporkan radikalisme dan terorisme," kata Rasyid.

Ia juga mengingatkan agar perlu ada peningkatan pemahaman akan hidup kebersamaan serta menyaring informasi yang didapatkan dan ikut aktif mensosialisasikan.

"Setiap masjid telah dibentuk pengurus yang bertanggungjawab bagi kemakmuran masjid. Pengurus harus benar-benar mengerti tentang manajemen masjid, sehingga masjid mampu berperan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Pengelolaan masjid tentunya Harus meliputi bidan . bidang yang bersumber pada ldarah, imarah dan Ri'ayah," tandasnya.(man)




Powered by Blogger.