Header Ads

Tinjau Terminal Tangkoko Bitung. Dirjen : Kami Akan Buat Jadi Terminal Modern

Dirjen Saat Melihat Program Pembangunan Terminal Type A
JurnalManado - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Drs. Budi Setiyadi. SH. MSi, melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Utara dalam rangka menghadiri Sosialisasi Peraturan, Kebijakan, dan Program Bidang Perhubungan Darat se - Sulawesi Utara skaligus meninjau Terminal Tipe A baik pengoperasian Kendaraan, bangunan dan kinerja serta peninjauan fasilitas utama 
pelabuhan, seperti, dermaga, 
bangunan kantor dan lain-lain.

Menurut Dirjen bahwa terminal Tipe A Tangkoko akan dikembangkan dari model konfensional akan dijadikan modern. 

Menurut dia, pembangunan terminal ini bertujuan meningkatkan jumlah penumpang bus. Nantinya, pengembangan terminal akan dilakukan juga dengan pihak swasta. Seperti dari desain bangunan, tata letak hingga urusan keamanan dan kebersihan.

"Kita membuka selebar - lebarnyanya untuk pengembangan bisnis kemudian untuk penyedian lokasinya bisa swasta, bisa pemerintah jadi ada kerjasama. Di indonesia sendiri tahun 2020 ada 16 terminal akan dibangun dan sebagian kerjasama dengan pihak swasta," kata Budi. Sembari mencontohkan Seperti pembangunan oleh swasta di merak, konsesi 10 tahun nilai sewanya sekitar 12 miliar, sukabumi juga akan segera dibangun dengan skema pemanfaatan anggaran sekitar 700 miliar dan konsesi sekitar 30 tahun dan disana akan dibangun mall, hotel dan pusat bisnis lainnya.


Ini yang akan kita laksanakan di terminal tangkoko, jelas Budi.

Lanjut Budi, tangkoko dalam waktu dekat akan masuk alfa mart, roti boy dan nantinya dilantai dua akan disediakan wifi dan akan disediakan ball room, bahkan karena dekat dengan kampus, kami akan sediakan ruang belajar skaligus fasilitasnya.

"Jadi bukan hanya untuk naik, turun atau transit bus, namun untuk melakukan kegiatan lain. Misalnya, ada yang ke hotel, mall. Maka terminal akan ramai," pungkas dia.(man)

Powered by Blogger.