Iklan

June 16, 2013, 08:49 WIB
Last Updated 2013-06-16T15:49:46Z
KotamobaguUtama

Kemiskinan Dan Pengangguran di Kotamobagu Menurun Signifikan

KOTAMOBAGU-Kemampuan dan kapasitas tergambarkan saat diadakan Gelaran debat kandidat Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kotamobagu periode 2013-2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu.
 
Sangat jelas terlihat dimana pasangan dengan nomor urut 3 mampu menjawab dan menjelaskan tiga sesi debat kandidat yang dihadiri oleh panelis ternama.
 
Pada sesi pertama, pasangan yang mengusung slogan Beringin Banteng Mengabdi (BBM) ini mendapatkan tema soal kemiskinan dan pengangguran. Djelantik yang juga incumbent nampak santai menjelaskan soal dua segi yang sudah ia kuasai saat menjabat walikota selama 5 tahun. 
 
“Kemiskinan dan pengangguran selang lima tahun ini sudah mengalami penurunan yang signifikan. Kedepan, hal itu juga menjadi prioritas. Terbukti dengan focus kami pada peningkatan sumber daya manusia (SDM,red),” ujar Djelantik.
 
Lanjut ke sesi kedua, dimana para panelis yang berjumlah 10 orang mulai menelisik satu persatu kecerdasan para kandidat. Pada sesi tersebut, Djelantik dan Rustam dengan yang mendapatkan tema terkait pendidikan dan beberapa segi kehidupan masyarakat. 
 
“Terkait permasalahan narkoba, kami kedepan bekerja sama dengan badan terkait terlebih pemerintah yang memiliki badan kesbangpol akan melakukan sosialisasi dan penetrasi pemahaman soal bahaya narkoba. Karena, narkoba adalah salah satu pembunuh yang harus diberantas,” koar Rustam yang disambut yel-yel dari para pendukung yang turut meramaikan debat kandidat.
 
Disesi yang terakhir, pasangan DjelaS diperhadapkan pada persoalan sertifikasi guru yang sering bermasalah. Pada sesi tersebut pun dengan enteng Djelantik menjabarkan soal permasalahan sertifikasi yang ada di Kota Kotamobagu. 
 
“Penyaluran dana sertifikasi yang menjadi problem. Dimana sering terkendala pada pemerintah pusat. Namun, kedepan, bagi para guru yang belum terbayarkan sertifikasi tetap akan dibayarkan,” ujar Djelantik.(man)