Iklan

June 21, 2013, 21:42 WIB
Last Updated 2013-06-22T04:42:11Z
DPRD Sulut

Pemekaran Bolteng Jangan Gunakan Isu Mobilisasi Massa

DUMOGA - Masyarakat sangat antusias dengan kedatangan anggota Pansus Pemekaran DPRD Sulut di Kabupaten Bolaang Mongondow, Jumat (21/6). Dikomandani Sunardi Sumantha, bersama anggota Benny Rhamdani, Sudirman Hasan dan Anton Mamonto melakukan sosialisasi pembentukan daerah otonomi baru Kabupaten Bolmong Tengah (Bolteng) di lapangan Desa Doloduo, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolmong.

Benny Rhamdani sebagai corong Pansus  menjelaskan usulan pemekaran telah disetujui dan mendapat rekomendasi Gubernur Sulut SH Sarundajang. "Gubernur sudah mengeluarkan rekomendasi pemekaran Bolmong Tengah pada 3 Mei 2013. 10 Juni lalu Pansus ke Lolak bertemu seluruh kepala daerah dan jajaran pemerintahan, pimpinan dewan se-Bolmong dan panitia pemekaran Provinsi Bolmong Raya dan Kabupaten Bolmong Tengah," ujar Rhamdani.

Calon anggota DPD RI pada Pemilu 2014 nanti ini juga menegaskan keputusan Pansus yang paling penting yang akan menjadi bingkai Pansus dan rakyat memperjuangan daerah otonomi baru. "Dalam hal spirit pemekaran wilayah selalu pararel dengan isu ketertinggalan, diskriminasi kebijakan poltik dan pembangunan, juga isu dianaktirikan. Pansus berkesimpulan menghimbau seluruh kekuatan masyarakat agar tidak menggunakan isu-isu tadi memperjuangkan pemekaran wilayah.

Di tempat ini, kami mengharapkan perjuangan Bolmong Tengah tidak menggunakan isu-isu yang ditujukan memobilisasi massa menjadi alat propaganda politik serta menyinggung pihak-pihak tertentu yang justeru menjadi penghambat perjuangan kita," tegas Rhamdani.

Tahapan terakhir yang akan dilakukan DPRD menurut Rhamdani Pansus akan melaksanakan rapat paripurna yang akan dihadiri semua fraksi. "Di paripurna itulah akan dikeluarkan keputusan DPRD Provinsi Sulut tentang persetujuan untuk pemekaran Provinsi Bolmong Raya dan Kabupaten Bolmong Tengah.
Hasil keputusan ini akan dibawah kepada pemerintah pusat yaitu ke DPR-RI, Komisi 2 dan pimpinan-pimpinan fraksi di DPR-RI," jelasnya.(**)