Iklan

September 1, 2013, 00:20 WIB
Last Updated 2013-09-01T07:20:44Z
Boltim

Sehan : Tunjangan perumahan DPRD bakal di pangkas 2014

Jurnal Manado, Boltim - Tunjangan perumahan yang berbentuk uang bagi pimpinan dan para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yakni sebesar 122.500.000 perbulan, dikatakan Bupati Boltim Sehan Salim Landjar rencananya bakal menurunkan tunjangan tersebut pada penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2014 nanti.

" Untuk tunjangan rumah para dewan akan diupayakan bakal diturunkan pada 2014, menginngat biaya yang dianggarkan terlalu besar." Ungkap Sehan pada Jurnal Manado (30 /08).

Sehan juga mengatakan bahwa harusnya biaya sewa rumah pimpinan DPRD Boltim secara rasionalisasi harusnya Rp 5 juta, sedangkan untuk wakil ketua dan para anggota DPRD sebesar Rp 4 dan Rp 3 juta setiap bulannya.

" Sebenarnya biaya sewa rumah sudah tidak rasional lagi. Jadi apa yang sudah tertuang dalam perbup nomor 11 Tahun 2013 tentang pemberian tunjangan, akan di upayakan bakal diturunkan." Kata Sehan

Kata Sehan jika di sesuaikan dalam aturan, harusnya para anggota DPRD yang rumahnya berada diluar ibukota tidak akan mendapatkan tunjangan perumahan dari pemda. karena bila ikut mekanisme aturan biaya sewa rumah diperuntukan bagi rumah yang berada dilingkungan ibukota yakni Tutuyan.

" Ada beberapa anggota DPRD yang rumahnya diluar ibukota, untuk 2014 tidak akan mendapatkan tunjangan perumahan karena rumah mereka (anggota DPRD) jauh dari kawasan ibukota." Tegas Sehan

Sehan juga menambahkan bahwa sesuai aturan harusnya yang dibebankan dalam APBD hanyalah tagihan listrik, tagihan telepon, dan tagihan air untuk para pimpinan dan anggota DPRD, bukannya sewa rumah. Akan tetapi karena pemda Boltim belum dapat menyediakan perumahan jadi tunjangan diganti dengan bentuk uang. (Billy)