Iklan

January 26, 2014, 09:13 WIB
Last Updated 2014-01-26T17:13:50Z
Internasional

AS Sesalkan Tindakan China

Jurnal,China-Amerika Serikat mengatakan sangat menyesalkan tindakan China, yang pada hari ini memenjarakan pegiat hukum Xu Zhiyong, yang dihukum empat tahun penjara atas perannya dalam unjuk rasa anti korupsi.

"Kami menyerukan pihak berwenang China membebaskan Xu dan tahanan politik lainnya dengan segera, mencabut larangan kebebasan gerak mereka, dan menjamin mereka dilindungi serta memberikan hak kebebasan mereka sesuai dengan komitmen hak asasi manusia internasional," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika, Jen Psaki, dalam pernyataan, seperti dilansir situs asiaone.com, Ahad (26/1).

Xu, 40 tahun, adalah tokoh utama dalam Gerakan Warga Baru (NCM), sebuah jaringan lepas para pegiat China yang menyelenggarakan unjuk rasa di jalan-jalan dan melakukan diskusi sambil makan malam mengenai penyebab mulai dari persamaan pendidikan sampai pada korupsi pejabat.

Dia termasuk di antara sepuluh pegiat yang diadili karena melanggar ketertiban umum, tuduhan yang dapat diancam hukuman maksimum lima tahun penjara, setelah mereka membawa spanduk-spanduk di hadapan publik mendesak pihak berwenang membongkar asset-asset mereka untuk mengecek apakah mereka terlibat korupsi.

Kementerian Luar Negeri Amerika menyebut Xu sebagai seorang advokat publik terkemuka bagi transparansi fiskal dan pemberantasan korupsi pejabat.

"Kami cemas bahwa hukuman terhadap Xu adalah tindakan balasan atas kampanye publiknya mengekspos korupsi dan bagi pengungkapan pandangan damainya," ujar pernyataan itu.(mdk)