Iklan

September 8, 2014, 04:40 WIB
Last Updated 2014-09-08T12:04:07Z
Manado

Menhub EE Mangindaan perkirakan 2015 Terminal Liwas Selesai



Menhub EE.Mangindaan saat memantau proyek Terminal Liwas
Jurnal,Manado- Terminal Liwas yang merupakan perencanaan dari Kementerian Perhubungan RI sejak tahun 2012, diperkirakan pada 2015 sudah selesai pembangunannya dan bisa dioperasikan. Pembangunan fisik terminal ini telah ditandai dengan peletakan batu pertama Pembangunan baru terminal Liwas pada tahun 2013 lalu.
Menurut  Menteri Perhubungan (Menhub),EE Mangindaan, pembangunan terminal Paal Dua nantinya akan dipindahkan ke terminal yang baru ini. Terminal ini akan berfungsi selain sebagai terminal penumpang bagi angkutan kota dan antar kota, juga akan jadi terminal peti kemas. "Kalau lihat gambar yang didesain, tata ruangnya tempat terminal, stasiun dan di dalamnya kami rencanakan agar kereta api juga bisa masuk dari Bitung dan juga ada peti kemas disitu. Luasan lahan peti kemas ada 4 hektar disiapkan. Saya minta ada gudang-gudangnya untuk dijadikan tempat penyimpanan barang-barang.  Sementara untuk akses, nantinya akan menghubung ke Ringroad dan jalan Tol Manado-Bitung. Selanjutnya kendaraan peti kemas dan bus dari luar akan disediakan jalur khusus yang menghubungkan ke jalan utama tersebut, sehingga akses angkutan kota dengan angkutan bus disitu nantinya akan satu jalan. Karna itu lajurnya akan diperlebar.”
Menhub Mangindaan juga menjelaskan jika nantinya akan ada disediakan tempat atau space untuk restoran, selain itu ruang tunggu untuk penumpang biar lebih sejuk bisa difasilitasi dengan AC. “Buatlah sedemikian rupa sehingga terminal ini memiliki daya tarik sekaligus sosialisasi penumpang," harap Mangindaan.
Terminal Liwas ini juga nantinya akan menampung sebagian dari lain seperti terminal Karombasan yang sudah mulai penuh. "Masyarakat bisa tenang dengan adanya terminal yang bagus, terminal yang difungsikan sedemikian rupa sehingga mampu menjawab kebutuhan masyarakat." Demikian  kata mantan orang nomor satu di Sulut ini. (luq)