Iklan

September 5, 2014, 22:52 WIB
Last Updated 2014-09-06T05:52:55Z
Manado

Pengangguran Picu Kriminalitas

Jurnal,Manado – Meningkatnya angka kriminalitas dipicu dengan tingginya angka pengangguran. Hal ini disampaikan Walikota Manado, GS Vicky Lumentut saat bertatap muka dengan warga di Jalan Roda (Jarod), Jumat (5/09).
Menurutnya, kekacauan seperti tarkam yang menggunakan panah wayer menjadi momok yang paling menakutkan bagi semua warga. Untuk itu perlu dicarikan solusi secepatnya karena akan berdampak pada keamanan dan kenyamanan kota.
“Kota Manado sekarang ini adalah kota besar dan akan menuju ke kota metropolitan. Segala persoalan akan mewarnai dinamika untuk itu perlu diantisipasi secepatnya,” ujar Lumentut.
Ia tidak yakin apabila Poskamling difungsikan dan minuman keras ditiadakan  keamanan dan kenyamanan kota akan terjaga.
“Aman saja tidak cukup.  Aman trus perut lapar pasti terjadi keributan. Perlu ada kesadaran seluruh elemen untuk menjadikan gangguan keamanan sebagai musuh kita bersama. Tingginya angka kriminalitas, diakibatkan oleh penggauran yang tidak memiliki pekerjaan tetap, sehingga jika di Padukan dengan miras maka kekacauan akan terjadi. Demikian dengan tingginya panah wayer, dibeberapa titik di Kota Manado yang melibatkan banyak anak Remaja, yang mencari Jati diri, dengan berbagai Tindakan Brutal,” Jelas Lumentut.

Selaku Walikota Manado, Ia berjanji akan mengupayakan berbagai pengamanan, baik Patroli yang akan di tingkatkan di wilayah rawan, hingga ke lorog – lorong. Bukan hanya di jalan utama. Dan akan berupaya semaksimal mungkin  ciptakan ruang kerja bagi yang belum bekerja. (Njl,luq)