Iklan

February 18, 2015, 07:36 WIB
Last Updated 2015-02-18T15:36:39Z
Manado

Keluarga Pahlawan minta Pemkot Sosialisasikan Penulisan Nama Yang Benar

Acara pembukaan Festival Seni Budaya Bantik di Malalayang
Jurnal,Manado- Disela-sela pembukaan Festival Seni Budaya Bantik dan peringatan ke-66 tahun gugurnya Pahlawan Nasional Robert Wolter Mongisidi  yang berlangsung Sabtu (14/5/15) di Aula Kelurahan Malalayang I Timur, salah satu Keluarga Pahlawan R.B Mongisidi , Rini Mongisidi meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Manado mensosialisasikan nama yang benar dari Pahlawan kelahiran Malalayang tersebut, yakni Robert Wolter Mongisidi, bukan 'Monginsidi' karena dalam beberapa literatur, juga tertulis nama RB Mongisidi dengan tulisan marga 'Monginsidi'.

Salah satu literatur dengan penulisan marga yang salah
Robert Wolter Mongisidi, dilahirkan di Malalayang, merupakan anak dari Petrus Mongisidi dan ibunya bernama Lina Suawa. Mongisidi terlibat dalam perjuangan melawan NICA di Makassar dimana pada tanggal 17 Juli 1946, Mongisidi dengan Ranggong Daeng Romo dan lainnya membentuk Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi (LAPRIS), yang selanjutnya melecehkan dan menyarang posisi Belanda. 

RB Mongisidi ditangkap oleh Belanda pada 28 Februari 1947, tetapi berhasil kabur pada 27 Oktober 1947. Belanda kembali menangkapnya dan menjatuhkan hukuman mati kepadanya.

Mongisidi dieksekusi oleh tim penembak pada 5 September 1949. Jasadnya dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan Makassar pada 10 November 1950.

Walikota Manado, GS. Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Harley Mangindaan yang hadir dalam acara tersebut, menaggapi dengan menerangkan bahwa Pemkot akan bantu untuk menindaklanjuti permintaan ini.

"Pemkot akan bantu lewat instansi terkait untuk menyampaikan penulisan nama "Mongisidi" yang benar, bukan "Monginsidi," terang Walikota.

Sementara Wakil Walikota Harley Mangindaan, juga membenarkan bahwa sesuai info dan penjelasan dari keluarga penulisan nama marga sebenarnya dari Pahlawan ini adalah 'Mongisidi' dan bukan 'Monginsidi'. (luq)