Iklan

May 28, 2015, 06:30 WIB
Last Updated 2021-01-21T11:51:27Z
Lipsus

"Saya Bersama Jajaran Pemkot dan Warga Manado Ucapkan Terima Kasih Kepada Presiden"

Saya, G.S. Vicky Lumentut, Walikota Manado, bersama seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat kota Manado, mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI, Ir. Joko Widodo yang 

berkenan mengunjungi Kota Manado bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, yang telah menugaskan Ibu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ibu Puan Maharani hari ini Kamis 28 Mei 2015 untuk 

meresmikan Jembatan Ir. Soekarno, didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 

Basuki Hadimuljono dan Menteri Perindustrian, Saleh Husin, anggota DPR RI utusan Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, S.E. dan Vanda Sarundajang, anggota DPD RI utusan Sulawesi Utara, Fabian Sarundajang, , Gubernur Sulawesi Utara, Dr. S.H. Sarundajang, Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil, M.Pd, 
Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Steven Kandouw, dan jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Sebagaimana kita tahu, sudah sangat lama jembatan ini ditunggu masyarakat. Selain dia menghubungkan di bagian utara, bagi kami sangat strategis untuk mengurai kemacetan yang sangat tinggi di Kota Manado. 
Dengan diresmikannya jembatan ini, kita akan terbantukan mengurai tingkat kemacetan. Kedua, dengan diresmikan jembatan ini, akan menjadi pemicu upaya kita menata di bagian kawasan Pasar Bersehati untuk menyatu dengan jembatan agar bisa menarik gerbong ekonomi kota menjadi lebih baik. 



Karena itu di sini sangat strategis, ke depan kita akan lanjutkan apa yang disampaikan Ibu Menko tadi agar Pemkot menata ini menjadi kawasan yang semakin mendorong percepatan pembangunan ekonomi di Kota secara khusus pariwisata dan pelabuhan. 

Makanya kami akan merencanakan, selain sungaiTOndano yang dikembangkan lebih baik,
tapi juga dikeruk supaya menyatu dengan jembatan dan menarik bagi turis. Saya juga sudah sampaikan ke MenPU untuk kiranya jalan selepas jembatan Soekarno ini menuju ke Ring Road agar bias dilanjutkan. 

Kita masih punya PR lebih kurang 6 km menyambung dari sini ke ringroad 2. 

Ketika tersambung, semakin mendorong pembangunan di bagian utara semakin meningkat. 
Dari darat ini kita ke bandara sangat dekat, dan saya yakin kita tidak akan terganggu dengan kemacetan kalau jalur jalan dari jembatan ini kita lanjutkan. 
Pak Menteri tadi sudah memberikan lampu hijau. 
Pemkot diharapkan membantu penyediaan tanahnya, dan fisiknya akan dibangun oleh kementrian. Terkait dengan penataan jalur lalu lintas, Saya sudah mendapatkan hasil kajian disain jalur angkutan kota yang baru. Setelah dibuka ini, kita akan sosialisasikan rute yang baru di kota sehingga masyarakat bias mengikuti pelaksanaan jalur angkutan kota yang baru.(***)

Puan Minta Walikota Menata Jembatan Soekarno Untuk Peningkatan Pariwisata
Jurnal,Manado – Setelah diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Ny Puan Maharani Bersama Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat RI, Basuki Hadimuljono Mewakili Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), akhirnya Jembatan Soekarno resmi dapat dipergunakan warga. 

Karena selain berfungsi untuk mengurai kemacetan dan untuk mempermudah akses jalan lingkar juga sebagai destinasi pariwisata.



“Jembatan ini akan menambah ikon sulut dan memajukan dunia pariwisata serta meningkatkan perekonomian daerah dan mengurai kemacetan,” kata Puan.

Untuk itu saya berharap agar pihak terkait seperti Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, bisa menata jembatan ini untuk peningkatan dunia pariwisata yang menunjang objek wisata seperti Bunaken dan Pulau Siladen yang mulai dikenal manca negara," jelas Menteri Puan cucu Presiden RI pertama.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut sendiri berharap setelah resmi maka jembatan Soekarno akan menjadi solusi mengurai kemacetan dan daya tarik sendiri bagi Kota Manado.

"Hajatan peresmian Jembatan Ir Soekarno ini, diketahui merupakan sejarah baru bagi daerah Nyiur Melambai Sulut dan Kota Manado pada khususnya. 

Penantian warga dirasakan begitu lama, itu karena pembangunan dan pekerjaan proyek jembatan Ir Soekarno ini menyita waktu hingga 12 tahun lamanya. Tapi kita jangan 

melihat kebelakang lagi, mari kita menikmati dan merasakan hasil pekerjaan ini dengan melihat keindahan dan dampak positif yang akan dirasakan pengguna jalan dari jembatan tersebut. 

Mari kita jaga bersama, dan memelihara bangunan jembatan yang telah menyedot dana mencapai ratusan miliar tersebut. Semoga ini jadi kebanggaan dan icon baru warga di Kota Manado," himbau Walikota.(man)