Iklan

July 15, 2015, 08:35 WIB
Last Updated 2021-01-21T11:51:27Z
Lipsus

HUT Kota Manado ke-392

Walikota Pimpin Upacara HUT Kota Manado

Jurnal,Manado- 14 Juli 2015, Kota Manado berulang tahun ke 392. Banyak prestasi yang telah diukir DR. GS.Vicky Lumentut, selaku Walikota Manado bersama-sama dengan Wakil Walikota DR. H.A.B Mangindaan selaku Wakil Walikota, namun tak sedikit juga hambatan dan persoalan yang dihadapi oleh para pemimpin ini demi upaya memajukan kota tercinta Manado.
Dalam Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kota Manado yang dilaksanakan di Lapangan Sparta Tikala pagi tadi sekitar pukul 7.30 Wita, Walikota Manado GS. Vicky Lumentut mengatakan bahwa Kemajuan yang dicapai selama ini, adalah hasil dari proses dan kerja keras.

“Kemajuan tidak diraih dalam satu malam, melainkan buah dari semangat dan komitmen bersama. Saya percaya pada proses, sebagaimana saya percaya bahwa masyarakat kota Manado mampu dan mau bersama-sama, berproses meraih kemajuan.”
”Keberhasilan konkrit yang dicapai pemerintah Kota Manado saat ini, semenjak 2010 hingga 2015 semua merupakan hasil kerja sama sinergis dari pemerintah dan masyarakat.”



Untuk itu, Lumentut menyampaikan rasa terima kasihnya selaku pemerintah Kota Manado.
“Saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat selama ini. Selamat HUT Kota Manado ke-392 pada semua elemen masyarakat Kota Manado tercinta,” ungkap Walikota terharu.

“Mari kita sama-sama mengawal kemajuan Kota Manado kedepan, pada arah lebih baik. Angka 392 merupakan angka yang luar biasa, Manado tidak boleh menjadi kota yang diam, tapi harus terus berlari dan bergerak maju,” ujar GSVL.
Upacara peringatan HUT Kota Manado tersebut, dihadiri seluruh SKPD dan Staff serta Anggota DPRD Kota Manado dan seluruh muspidadirangkaikan dengan penyerahan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya, Piagam, serta Trofi kepada para pemenang lomba dalam rangka HUT ke-392 Kota Manado.(***)



Walikota Sematkan Penghargaan Kepada Pegawai, Pelajar, Kelurahan Bahkan Jurnalis Terbaik

Sebagai bentuk penghargaan kepada warga kota manado disemua lapisan, maka Walikota Manado GS Vicky Lumentut dalam memperingati Hari ulang Tahun (HUT) Kota Manado ke 392, memberikan penghargaan kepada PNS, Pelajar bahkan lingkungan yang telah mempersembahkan kinerja dan prestasi sehingga mengharumkan nama kota manado.
Adapun bentuk penghargaannya adalah :


1. SATYA LANCANA KARYA SATYA (Masa bakti 30 tahun) :

Manarsar Panjaitan
Lodewyk Ngantung, S.Pd.
Tenny Kussoy
Meity Nantingkaseh, S.Pd.
Masa bakti 20 tahun :
Obrien Franky Mewengkang, S.I.P.
Hendrik Warokka, S.Pd, D.E.A
Bismark Lumentut, S.E.
Peter K.B. Assa, Ph.D.
Joice Kuron



(Masa Bakti 10 tahun) :



Roin Saroinsong, S.P.
Wanda Waney, S.E.
Selvie Mangindaan, S.E.



2. PEGAWAI BERPRESTASI (Eselon III) :

Terbaik 1 : Donald Sambuaga, S.S.T.P, Aj, Ak.
Terbaik 2 : Adeleide Sondakh, S.Sos.
Terbaik 3 : Paula Lalamentik



(Eselon IV) :

Terbaik 1 : Donny Makaliwe, S.S.T.P, M.Sc.
Terbaik 2 : James Rahakbauw, S.S.T.P, M.Si.
Terbaik 3 : dr. Oktavin Umboh



3. KELURAHAN TERBAIK DALAM PENILAIAN LOMBA KELURAHAN TINGKAT KOTA MANADO TAHUN 2015
(Diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kelurahan / BPMPK)



Terbaik 1 : Kelurahan Pandu
Terbaik 2 : Kelurahan Tikala Baru
Terbaik 3 : Kelurahan Tikala Kumaraka



4. PENGHARGAAN JURNALIS TERBAIK KOTA MANADO

Jurnalis Senior : Joppy Senduk (metromanado.co.id)
Jurnalis Media Cetak : Rosita Karim (Harian Posko Manado)
Jurnalis Media Siber : Agryanto Reppi (manadoline.com)
Jurnalis Media Elektronik Televisi : Fadly Afilien (Cahaya TV)
Jurnalis Media Elektronik Radio : Abdul Halim Harun (RAL FM)
Jurnalis Media Sekretariat DPRD 1 : Leriando Kambey (beritamanado.com)

Jurnalis Media Sekretariat DPRD 2 : Roland Porawow (Harian Metro)


Fotografer : Jorry Lelengboto (Koran Sindo Manado)



5. KELURAHAN TERBAIK DALAM PENATAAN DAN PENGELOLAAN ARSIP (Diselenggarakan oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan)



Terbaik 1 : Tikala Baru
Terbaik 2 : Malalayang Satu
Terbaik 3 : Karombasan Selatan



6. KELURAHAN BERWAWASAN LINGKUNGAN TERBAIK (Diselenggarakan oleh BLH)



Terbaik 1 : Paniki Satu
Terbaik 2 : Kleak
Terbaik 3 : Teling Bawah



7. SEKOLAH ADIWIYATA



SMA Negeri 1 Manado
SMP Negeri 8 Manado
SDN 112 Manado



8. PROKAMLING (Kecamatan) :



Terbaik 1 : Wenang
Terbaik 2 : Bunaken
Terbaik 3 : Bunaken Kepulauan



(Kelurahan)



Terbaik 1 : Kleak
Terbaik 2 : Tikala Kumaraka
Terbaik 3 : Manado Tua Dua



(Lingkungan)



Terbaik 1 : Lingkungan V Kelurahan Paniki Dua
Terbaik 2 : Lingkungan I Kelurahan Tumumpa Dua
Terbaik 3 : LIngkungan IV Kelurahan Manado Tua Dua



9. LOMBA TATA UPACARA BENDERA (Tingkat SMA)



Terbaik 1 : SMA Negeri 1
Terbaik 2 : SMA Negeri 2
Terbaik 3 : SMK Negeri 3



(Tingkat SMP)



Terbaik 1 : SMP Negeri 8
Terbaik 2 : SMP Kristen Tabita
Terbaik 3 : SMP Negeri 5



(Tingkat SD)



Terbaik 1 : SD Negeri 12
Terbaik 2 : SD Negeri 105
Terbaik 3 : SD GMIM 05



10. LOMBA PBB (Tingkat SMA) :



Terbaik 1 : SMA Negeri 1
Terbaik 2 : SMA Negeri 2
Terbaik 3 : SMK Negeri 3



(Tingkat SMP)



Terbaik 1 : SMP Negeri 8
Terbaik 2 : SMP Kristen Tabita
Terbaik 3 : SMP Negeri 5



11. LOMBA BERTUTUR



Terbaik 1 : Kyara Mocodompis (SD Kristen Eben Heazer 2)
Terbaik 2 : Jenifer Laluyan (SD Katholik Don Bosco)
Terbaik 3 : Joyseillin Rachola Pioh (SD GMIM 23)
Harapan 1 : Rivo Rumambi (SD GMIM 54)
Harapan 2 : Intan Falencia (SD Katholik 16)
Harapan 3 : Virgi Erani Liusanda (SD Advent 6 Kairagi)



Sekaligus penyerahan mobil operasional Pemadam Kebakaran dari Walikota Manado kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran.
Walikota berharap agar penghargaan yang diterima dijadikan pemicu untuk terus meningkatkan kwalitas diri dan terus berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara khususnya di kota manado.
"Ini merupakan kebanggaan bagi kita kota manado yang berumur 392 tahun. Dengan itu diharapkan agar kedepan kota manado lebih maju lebih berbudaya dan berdaya saing serta warga kota manado lebih cerdas lagi. Penghargaan ini diharapkan menjadi pemicu untuk meningkatkan kwalitas dan kinerja kita semua," terang Lumentut sembari mengucapkan selamat hut kota manado kepada seluruh lapisan warga kota manado.(***)

HUT Kota Manado, Walikota Berikan Sambutan di Paripurna DPRD Kota Manado

Jurnal,Manado - DPRD Kota Manado menggelar rapat paripurna dalam rangka peringatan HUT Kota Manado dilaksanakan di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado.



Sedikit kilas balik tentang tanggal lahir Kota Manado, Tanggal ini ditetapkan pada tahun 1623. Sejak masa kemerdekaan, Manado sempat beberapa kali mengalami perubahan status dalam struktur pemerintahan. Semula masuk dalam kategori kotapraja (1957-1958), Daerah Tingkat II (1958-1965), Kotamadya (1965-1974), Kotamadya Daerah Tingkat II (1974-1999), dan Kota Manado (1999 – hingga saat ini).



Hari lahir kota Manado ditetapkan tanggal 14 Juli 1623. Tanggal 14 diambil dari peristiwa heroik 14 Pebruari 1946 di kota Manado, yang dikenal dengan nama Peristiwa Merah Putih, yaitu kebangkitan putra daerah mempertahankan kemerdekaan dengan cara menentang penjajahan kolonial Belanda.
Buli Juli diambil dari unsur yuridis, yaitu pada bulan Juli 1919 ketika Gubernur Jenderal Hindia Belanda mengeluarkan besluit Manado sebagai Gemente. Tahun 1623 diambil dari unsur historis, yaitu saat nama Manado dikenal dan digunakan dalam surat resmi.(*ensiklopedia)



Diawal sambutanya dalam acara resepsi HUT Kota Manado yang digelar dalam bentuk rapat paripurna istimewa yang dihadiri oleh hampir seluruh jajaran pemerintahan provinsi Sulawesi Utara, baik yang masih menjabat maupun para mantan kepala daerah serta para tamu, Walikota Manado DR. GS. Vicky Lumentut mengucap syukur dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kota Manado serta menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pimpinan dan anggota dewan yang telah mengagendakan siding paripurna tersebut.



“Inilah hari berbahagia bagi kita sekalian untuk mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan kasihNya, kita dapat mengikuti rapat paripurna istimewa Dewan erwakilan Rakyat Daerah Kota Manado, dalam rangka memperingati HUTke-392 Kota Manado. Saya mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Manado yang telah mengagendakan sidang paripurna istimewa ini. Sehubungan dengan itu, saya menyampaikan Selamat HUT ke-392 Kota Manado bagi kita sekalian.”



Diakui Walikota, selama lima tahun kepemimpinan Lumentut-Mangindaan, bukanlah waktu yang singkat. Namun Lumentut meyakinkan bawa semua usaha yang dijalani dengan Visi, Misi yang sama, akan menghasilkan sesuatu yang baik.



“Yakinlah, bahwa setiap langkah yang telah dijalani, sekecil atausesederhana apapun, pada akhirnya akan membawa kita pada kebaikan bersama, karena kita memiliki Visi, Misi dan arah tujuan yang sama,” ungkap Walikota.



Menyinggung soal kerja keras lembaga legislatif yang ikut mewujudkan tercapainya beragam prestasi, diantaranya prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), GSVL yang juga merupakan Ketua APEKSI, tak melupakan beragam persoalan di Kota Manado, termasuk gangguan keamanan ditengah masyarakat serta solusi atas keresahan masyarakat dibidang kesehatan dan pendidikan.



”Kita berbangga karena sebagai kota maju, Manado sudah tentu mendapat tantangan, seperti gangguan keamanan. Namun, karena upaya bersama, akhirnya tensi kekacauan ditengah masyarakat bisa terurai dan mendapat solusi yang baik. Saya menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Sulut, Kapolres Manado, Danrem, dan Dandim Kota Manado, karena berkat kerja sama yang baik keamanan bisa dirasakan masyarakat. Semoga di HUT Kota Manado yang ke-392 Manado makin maju dan masyarakatnya makin sejahtera, berbagai program unggulan seperti kesehatan gratis (Universal Coverage) terbukti sangat membantu masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan, serta serktor lainnya yang dinilai positif, kedepan harus terus dipertahankan,” tegas Walikota.



Selain itu, Lumentut juga menyampaikan terimakasih dari pemerintah kepada seluruh masyarakat Kota Manado yang telah dengan penuh kesadaran telah taat aturan dengan membayar pajak dan retribusi.



“Saya berterima kasih juga kepada segenap warga masyarakat kota Manado, atas kessadaran dan komitmen sebagai warga kota yang taat membayar pajak dan retribusi. Juga kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil dan karyawan di lingkungan Pemerintah Kota Manado yang telah bekerja dengan optimal sehingga realisasi PAD kota Manado sangat memuaskan,” demikian ungkap Walikota.



“Mengakhiri sambutan ini, saya mengajak kita sekalian untuk berterimakasih kepada para pendahulu kita, baik yang masih bersama kita sekarang ini, maupun yang telah mendahului kita. Kepada para mantan Walikota dan Wakil Walikota Manado, Mantan pimpinann dan anggota DPRD Kota Manado, para purnawirawan beserta pensiunan pegawai pemerintah kota Manado, senior yang kami hormati dan kasihi. Kami berterima kasih, tahun-tahun pengabdian ibu bapak tidaklah membeku dalam kepingan kenangan, kami akan meneruskan perjuangan ini dan mewariskan pencapaian kami pada generasi mendatang.”



Peringatan HUT Kota Manado ini pun berakhir dengan sangat berkesan dan ikut dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI, LetJen TNI (pur) E.E Mangindaan S.IP bersama Ibu Adelina Mangindaan-Tumbuan, Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulut, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kota Manado, Konjen Republik Filiphina di Manado, His Excellency Oscar G. Orcine, Muspida Kota Manado, beberapa Mantan Walikota dan Wakil Walikota Manado beserta tamu lainnya.(lipsus)