Iklan

September 27, 2016, 06:39 WIB
Last Updated 2016-10-10T22:34:55Z
Manado

Wawali Tinjau Langsung Lokasi Penyebab Banjir



Jurnal,Manado - Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE, Selasa (27/9/2016) siang, mengunjungi langsung korban banjir yang ada di Paal Dua dan Ranomuut, yang terjadi Sabtu (24/9/2016) akhir pekan lalu.

Wawali dalam kegiatan tersebut turut didampangi Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Heri Saptono, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Frans Mawitjere, Camat Paal Dua Rein Heydemans, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Julises Oehlers, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Warga pun bergembira menyambut Wawali Mor yang secara langsung datang dan melihat daerah yang terkena banjir. Dan pada kesempatan itu, Wawali langsung memerintahkan Kadis Oehlers agar secepatnya melakukan pengangkutan sampah yang sudah sangat menumpuk akibat banjir tersebut.

Selain mengunjungi langsung korban banjir, Wawali juga melihat langsung penyebab banjir tersebut. Penyebabnya adalah kegiatan cutting tanah yang dilakukan di Liwas, tepatnya di jalan Lengkong Wuaya depan Terminal Liwas. Wawali pun langsung memerintahkan pengembang di lokasi tersebut agar menghentikan aktivitasnya, dan segera membuat drainase.
Selain itu, Wawali juga melihat langsung lokasi Perumahan Gerizim II, yang juga masih di wilayah Liwas Ranomuut. Cutting tanah yang dilakukan pengembang yang tidak disertai dengan pembuatan tanggul dan drainase serta jalan perumahan, menjadi penyebab terjadinya banjir.

“Memang nampaknya pengelola perumahan atau pengembang Gerizim II ini pandang enteng dan acuh tak acuh, karena mengabaikan keselamatan masyarakat yang tinggal di perumahan ini. Infrastruktur penunjang belum juga dibikin,” ujar masyarakat setempat.(tim)