Iklan

December 29, 2016, 08:30 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:41:46Z
Pemerintahan

Kompetensi Guru di Sulut Rendah


Sekprov Saat Memimpin FGD

Jurnal,Manado – Tujuan pelaksanaan diskusi yaitu untuk mengukur capaian kinerja pemerintahan hingga penghujung Tahun 2016 serta mencari kelemahan atau kekurangan yg perlu diperbaiki untuk pelaksanaan di Tahun 2017 bahkan tahun-tahun yang akan datang. Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Edwin M Silangen SE MS pada pelaksanaan Focus Group Discusion (FGD) Evaluasi Kinerja Bidang Pendidikan, Perekonomian, Pertanian dan Infrastruktur Tahun 2016 serta Proyeksi 2017 di Hotel Granpuri, Kamis (29/12/2016).
Ada beberapa hal yang digaris bawahi dalam diskusi tersebut diantaranya bidang pendidikan dimana Peringkat Uji Kompetensi Guru (UKG) yang berada 10 besar terbawah nasional. Indeks Integritas Ujian Nasional yang masih pada Zona Kuning atau dapat digambarkan dimana kondisi masih Guru membagikan jawaban bagi siswa atau pengawas Ujian tidak melakukan tugasnya dengan baik saat pelaksanaan Ujian Nasional. Serta minat dari Lulusan SMA terhadap Bantuan Studi Tak terbatas untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 di 50 universitas Top Dunia masih sangat minim. Tercatat hanya 1 mahasiswa yang lolos kualifikasi, namun karena mendapatkan beasiswa dari Pusat beasiswa, bantuan dari Pemda tidak diambil.
Untuk itu Sekprov menginstruksikan pada Kadis Pendidikan agar secepatnya merumuskan Grand Design Pendidikan di Sulut untuk menjawab persoalan baik jangka menengah maupun jangka panjang.
dari Sektor Perekonomian akademisi dari Unsrat DR Vecky Masinambow memperkirakan PDRB Nominal Sulut 2016 akan menembus kisaran 100 triliun, jika ICOR 4 maka diperlukan sekitar Rp. 28 triliun riil investasi untuk pertumbuhan sekitar 7%. Berkaitan dengan Mega proyek infrastruktur seperti Bendungan kuil, KEK Bitung, Listrik Lahendong dan kebijakan di sektor pariwisata; maka tenaga kompetensi penting yang diperlukan jangka pendek: jasa konstruksi, logistik dalam berbagai jenjang, laboran penguji industri berbasis makanan, pariwisata dalam berbagai jenjang, pengukur tanah, keahlian dalam pelistrikan. Dibutuhkan kerjasama dari pihak eksekutif terkait regulasi pemerintah untuk meningkatkan kapasitas akomodasi dan transportasi. Selain itu diperlukan kolaborasi dari pemda dunia usaha dan pelaku pendidikan untuk membangun kurikulum sebagaimana kompetensi di atas. Berkaitan dengan infrastruktur diperlukan konektifitas Nasional provinsi kabupaten/ kota sampai desa dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas pertanian agroindustri dan UMKM.

Dari segi Infrastruktur Perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum Prov. Sulut mengungkapkan bahwa untuk 2017 pembangunan akan diproyeksikan bagi penuntasan Manado Outer Ring Road Khususnya Ring Road III yang menghubungkan antara Winangun dan Kalasey/Malalayang untuk mengurangi titik kemacetan di dalam kota manado. Selain itu untuk pengembangan sektor pariwisata akan di buka akses jalan dari Airport Sam Ratulangi hingga Likupang. Selain itu ada fenomena dimana 5 tahun lalu ada permohonan pengalihan jalan Kabupaten/Kota ke jalan provinsi, namun kondisi saat ini pemerintah Kab/Kota mengajukan pengalihan jalan provinsi menjadi jalan kab/kota karna nilai Dana Alokasi Khusu (DAK) yang tergolong besar.(man)