Iklan

May 4, 2017, 14:27 WIB
Last Updated 2017-05-04T21:27:57Z
Dinamika

Sulut Kembali Gelar Iven Berkuda Piala Gubernur dan Wagub

Jurnal, Manado - Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven OE Kandouw bertekad memajukan Sulut di segala bidang. Salah satunya keinginan mengembalikan kejayaan di lomba pacuan kuda di pentas nasional.
Untuk pada akhir pekan ini Sabtu-Minggu (05-06/05) akhir pekan ini akan digelar lomba kuda pacu, roda sapi dan bendi memperebutkan Piala Gubernur dan Wagub di Gelanggang Pacuan Kuda God Bless Balitka Manado. "Kejayaan Sulut di lomba kuda pacu kami harap dapat ditorehkan kembali. Untuk itu kejuaraan kuda pacu harus intens digelar di daerah kita," kata Gubernur Olly Dondokambey. "Tentunya pemerintah akan mendukung penuh kegaitan-kegiatan perlombaan kuda pacu, maupun olahraga lainnya. Terlebih yang dapat memberikan kontribusi positif pada sektor pariwisata kita," tambah sosok yang juga Ketua KONI Sulut itu.
Ditambahkan Ketua Umum Panitia Ferry Wowor, kegiatan ini akan digelar setiap bulan di tahun ini dengan dipusatkan di Gelanggang Pacuan Kuda God Bless Balitka Manado dan Gelanggang Pacuan Kuda Tompaso Minahasa. "Ini sebagai langkah konsolidasi Pordasi Sulut," jelas Wowor.
Lanjut Wowor, kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Sulut Hourse Racing Owners Club, Pordasi Sulut, Pemprov Sulut dan Pemkot Manado. "Serta topangan penuh CT Corp, Bank Mega dan Hotel Aston Manado," beber sosok yang memegang licensi berkuda international itu.
James Waani, koordinator perlombaan, mengatakan kejuaraan kali ini akan diikuti oleh peserta dari sejumlah daerah Kota Kabupaten dari Provinsi Sulut, Jatim, Jateng, Sulbar dan Gorontalo akan adu cepat di 12 kelas yang diperlombakan."Total hadiah Rp 150 juta dengan jumlah peserta yang telah mengkonfirmasi akan ikut sudah ada puluhan termasuk 80 ekor kuda dan 70 pasang sapi, dan untuk roda sapi hari ini (Rabu kemarin,red) sudah mengawali babak penyisihan," pungkasnya.(***)