Iklan

July 3, 2017, 05:51 WIB
Last Updated 2017-07-03T12:51:30Z
Tomohon

Apel Perdana. Walikota Ingatkan Peningkatan Kinerja ASN

Walikota Saat Pimpin Apel 
Jurnal,Tomohon - Pasca cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah,  Pemkot Tomohon melaksanakan apel kerja di halaman kantor Walikota Tomohon, Senin (03/07/2017).

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE.Ak. yang memimpin langsung apel tersebut dan didampingi Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc., Para Asisten, para staf ahli, sekwan, Inspektur, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian, Camat dan Lurah se- Kota Tomohon, Para PNS, Tenaga Kontrak serta direksi dan karyawan BUMD, mengatakan, memasuki semester kedua pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan, seluruh jajaran ASN dan BUMD harus mampu meningkatkan semangat pengabdian, kompetensi serta selalu eksis dan proaktif dalam melakukan tugas dan tanggung jawab. Pemerintah Kota Tomohon tetap konsisten mendukung program peningkatan  kemampuan dan kompetensi Aparatur Sipil Negara maupun tenaga kontrak untuk meningkatkan kapasitas dalam merealisasikan program dan kegiatan sebagaimana yang diharapkan.

"Wujud nyata keberhasilan Pemerintah Kota Tomohon dalam meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara dan pelaksanaan tugas yang prosedural  sesuai dengan ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku yaitu pengakuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap pengelolaan keuangan Pemerintah Kota Tomohon tahun anggaran 2016 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hal ini berarti Pemkot Tomohon sudah empat kali secara berturut-turut memperoleh pengakuan WTP tersebut. Ini patut disyukuri dan saya memberikan apresiasi serta berterima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon atas upaya kerja keras yang ditunjukkan melalui karya nyata dalam tugas dan pengabdian,"terangnya. 

Walikota juga menuntut para Aparatur Sipil Negara dan tenaga kontrak agar lebih cerdas dan berani mengambil keputusan yang tepat dan solutif dalam menghadapi dinamika dan perkembangan pemerintahan yang lebih kompleks dan variatif. Aparatur Sipil Negara harus mampu menciptakan tata kelola yang baik, perubahan mindset kearah lebih baik, pola sikap yang konstruktif, lebih proaktif, produktif, loyal dan bekerja dengan penuh dedikasi serta berdisiplin.

Walikota Tomohon juga menantang kepada seluruh Aparatur Sipil Negara dan tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon sebagai pilar birokrasi untuk melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif dengan tetap mengedepankan etika yang akan mendorong terjadinya perubahan kinerja individu dan organisasi dalam memantapkan pelaksanaan tugas pelayanan, serta mampu mengubah tantangan menjadi peluang yang tergambar dalam pelaksanaan program dan kegiatan. Pemerintah Kota Tomohon akan selalu berupaya semaksimal mungkin untuk menggunakan anggaran secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel sesuai dengan kebutuhan pembangunan dan kebutuhan masyarakat.

"Saya selaku walikota senantiasa mengevaluasi kinerja dari seluruh pejabat perangkat daerah maupun jajarannya. 1 semester di tahun ini telah kita lewati, dan saat ini kita telah memasuki semester yang ke 2. tentunya kinerja dari seluruh pejabat di semester 1 akan menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan saya, apakah dalam penempatan pejabat selama ini telah sesuai (right man on the right place). apabila ada pejabat yang dalam melaksanakan tugasnya tidak sesuai atau kurang tepat berada pada posisinya, ataupun terdapat pejabat yang kinerjanya kurang baik, tentunya akan dievaluasi, sehingga tidak menutup kemungkinan dilaksanakannya rolling jabatan, apakah bulan ini, bulan depan, atau mungkin diakhir tahun, ini semua tergantung dari beberapa aspek, baik kinerja, kompetensi, ataupun rekomendasi2 dari beberapa lembaga berwenang, serta pertimbangan saya selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK)," tegas orang nomor satu di kota tomohon ini. Sembari mengingatkan beberapa agenda penting sudah ada didepan mata yaitu pertemuan raya Kerukunan Keluarga Pendeta dan Guru agama se Sinode GMIM pada pertengahan Juli, rangkaian kegiatan TIFF pada awal sampai pertengahan agustus, serta HUT PKB GMIM pada bulan oktober nanti. 

"Saya selaku Walikota Tomohon menginstruksikan kepada seluruh pejabat perangkat daerah dan jajarannya untuk turut menyukseskan agenda2 kegiatan tersebut, dan mengajak seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk menjadi Tuan dan Nyonya rumah yang baik,"pungkas Walikota. (michael)