Iklan

September 19, 2017, 01:26 WIB
Last Updated 2017-09-20T08:28:32Z
Bitung

Lomban Hadiri Verifikasi Kota Sehat

Jurnal,Bitung - Walikota Bitung Maximilian J Lomban, SE, M.Si didampingi Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri menghadiri acara verifikasi Kota Sehat, yang dilaksanakan di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU), selasa (19/09).

Mengawali sambutannya, Walikota memberikan gambaran secara umum tentang keadaan geografis Kota Bitung. Beliau mengatakan Bitung merupakan 1 dari 15 Kabupaten kota yang ada di Sulawesi Utara yg berada di paling ujung Pulau Sulawesi, dan Bitung adalah 1 dari 4 kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara dengan luas 313Km° didalamnya 42,4 % merupakan Hutan Lindung dan Cagar Alam, dengan jumlah penduduk 250ribu jiwa.

Menurut Lomban untuk masa kepemimpinannya bersama dengan Wakil Walikota Bpk.Maurits Mantiri mereka mengusung Visi yaitu "Bitung yang maju berdaya saing, berbudaya, dan sejahtera, serta mnjadi titik simpul dan pintu gerbang Indonesia di kawasan Timur Indonesia".

"Visi ini di ambil karena sesuai dengan rencana Nasional yang ingin menjadikan Indonesia sebagai pintu gerbang di Asia Timur dan Pasifik, dari Visi ini di kembangkan lagi menjadi 6 misi pokok dan yang paling menonjol yaitu pembangunan bidang SDM dan keamanan publik,"ungkap Lomban. 

Lomban juga mengatakan sebagai kota sehat pada tahun 2017 ini Pemerintah Kota Bitung telah mencanangkan Program 5 Bersih, Yaitu
- Bersih di udara
- Bersih di atas tanah
- Bersih dibawah Tanah
- Bersih di laut, dan
- Bersih aparatur Negara

"Semua program ini sudah berjalan dan sudah sementara di realisasikan, dan sebagai wujud dari kepedulian masyarakat Kota Bitung akan kebersihan lingkungan, sampai tahun ini terhitung sejak tahun 2007, secara berturut-turut Kota Bitung telah meraih 11x Piala ADIPURA. Menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Kota Bitung akan antusias dari masyarakat yang menghargai serta mengkuti setiap program dari pemerintah kota akan kebersihan lingkungan. Sehingga menjadi Motivasi yang besar bagi kami sebagai Pemerintah Kota Bitung untuk memberikan yang terbaik serta terus menanamkan budaya sehat kepada seluruh warga masyarakat Kota Bitung. Sebagai salah satu program akan kebersihan lingkungan, pemerintah Kota Bitung telah berupaya untuk mengurangi pembuangan sampah secara tidak berarturan dengan mencanangkan program bebas sampah plastik. Dan dalam merealisasikan program tersebut telah di upayakan oleh pemerintah, untuk setiap iven tidak lagi menggunakan Aqua gelas sebagai tempat minum, melainkan oleh pemerintah telah menyediakan Air Galon dan gelas. Dengan begitu tidak ada lagi sampah-sampah plastik sejenis Aqua gelas yang berserakan dimana-mana",jelas Lomban. 

Di akhir sambutannya Lomban mengatakan menjadi harapan yang besar bagi Pemerintah Kota Bitung terutama Walikota dan Wakil Walikota dalam masa kepemimpinan mereka, untuk bantuan kartu BPJS dapat diberikan secara merata kepada semua masyarakat Kota Bitung, mengingat kesehatan sangatlah penting dan mahal Sehingga nantinya tidak ada lagi masyarakat yang beralasan tidak memiliki uang untuk berobat. 
"Apresiasi yang sangat besar kami berikan kepada seluruh Dinas Kesehatan beserta seluruh Staff kesehatan Kota Bitung untuk dedikasi yang besar serta terus memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat Kota Bitung,"pungkasnya.(herdha)