Iklan

September 3, 2017, 06:46 WIB
Last Updated 2021-01-21T13:25:33Z
Politik

Tumbelaka : PP 18 Bakal Jadi 'Bola Panas' Bagi Legislator

Pengamat Politik Taufik Tumbelaka
Jurnal,Manado - Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat baik yang di pusat hingga di kabupaten kota lewat (PerGub, PerBup/Perwako) akan menjadi "bola panas" bagi para legislator. Pasalnya, ekspektasi masyarakat terhadap kinerja para wakilnya di lembaga akan semakin besar. Demikian dikatakan pengamat politik sulut, Taufik Tumbelaka, Minggu (3/9/2017).


Menurutnya, Para Wakil Rakyat tidak bisa lagi "bermalas-malasan" hadir di Kantor DPRD atau saat rapat-rapat karena telah menerima tunjangan seperti kendaraan dan tempat tinggal. 

"Para Wakil Rakyat harus menunjukan kualitasnya dengan menelorkan sejumlah Perda Inisiatif, juga harus menunjukan integritas yang tinggi dalam dalam membela hak-hak rakyat yang sebenarnya merupakan kewajiban para Wakil Rakyat,"terang Tumbelaka. 


Terkait dengan besaran angka yang akan di tata dalam Peraturan Kepala Daerah, kata mantan anak gubernur sulut ini, harus memegang teguh pada dua hal, yaitu: prinsip kewajaran dan kondisi kemampuan APBD agar dapat diterima dalam logika masyarakat pada umumnya dan tidak menjadi beban berat dalam pos belanja rutin anggaran.(man)