Iklan

March 14, 2018, 15:55 WIB
Last Updated 2018-05-10T22:55:42Z
Dinamika

Dinas PUPR Usulkan Pembangunan Jembatan Penghubung Mantos - Megamas

Jurnal , Manado - Pemerintah Kota (Pemkot) manado melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan mengusul- kan pembangunan jembatan penghubung Manado Town Square (mantos)- Megamas.

Menurut Kepala Dinas (PUPR) Kota Manado DR Peter Assa St, Msc, Phd mengungkapkan, pihaknya telah selesai melakukan perencanaan terhadap pembangunan jembatan tersebut. 
“Untuk pengusulan ke pusat, syaratnya harus dilengkapi perencanaan. Kami sudah buat dan tahun ini akan diusulkan ke pusat,” ungkap Assa.

Lebih jauuh ditambahkannya, terlaksana atau tidaknya rencana terse but tergantung persetujuan dari pusat. Karena jembatan ini berbanderol sekira Rp70 miliar yang hanya mampu dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).
“Panjang jembatan sekira 75 meter dengan dilengkapi area pedestrian empat meter,” papar Assa.

Diapun menjelaskan, nanti¬nya, jembatan tersebut tidak hanya berfungsi mengurai kemacetan di Jalan Piere Tendean Boulevard, tapi juga menjadi jembatan pariwisata. 
“Di mana di lokasi tersebut tersaji pemandangan laut dan Pulau Manado Tua. Serta akan disediakan area untuk pejalan kaki serta spot foto selfie,” beber mantan Kepala Bappeda Kota Manado itu. 

Disinggung terkait adanya portal yang terpasang di Mantos dan Megamas, Assa menyebut hal tersebut tidak menjadi kendala. “Ada lahan 16% di Mantos dan Megamas yang akan berfungsi menjadi jalan umum. 

Jadi melintas di lokasi tersebut tidak dipungut biaya. Kecuali kendaraan parkir, sudah menjadi ranah pengelola,” pungkas jebolan Harvard University Amerika Serikat ini. (Ipeh)