Iklan

July 15, 2018, 17:22 WIB
Last Updated 2021-01-21T11:51:27Z
Lipsus

HUT Kota Manado ke 395. Walikota : Tetap Cerdas dan Pertahankan Manado Sebagai Kota Paling Toleran

Walikota Saat Irup HUT Kota Manado
Jurnal,Manado - Peringatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-395 Kota Manado dilaksanakan upacara bendera di lapangan Sparta Tikala Manado, dengan Inspektur Upacara (Irup) Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, Sabtu (14/07) pagi tadi.
Foto Bersama Forkopimda
Upacara yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri pula Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone dan anggota DPRD Manado, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA bersama Wakil Ketua Imelda Bastiaan Markus SE dan jajaran pengurus TP-PKK Manado, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manado, Forum kerukunan Umat Beragama (FKUB), Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) serta tokoh agama dan tokoh masyarakat di
Foto Bersama 
Kota Manado. Dalam sambutannya, Walikota Vicky Lumentut menegaskan berbagai penghargaan dari keberhasilan program Pemerintah Kota (Pemkot) Manado yang dicapai, semata-mata karena dukungan masyarakat. "Dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-395 Kota Manado pada tahun 2018 ini, kita bersyukur karena berhasil mendapat penghargaan serta capaian penilaian tertinggi atas berbagai program kerja yang kita laksanakan. Ini semua boleh kita capai bersama atas dukungan dari masyarakat Kota Manado," ujar Walikota pilihan rakyat Manado itu. Terkait pengakuan terhadap eksistensi Kota
Walikota Memberikan Penghargaan Kepada Pegawai Berprestasi
Manado sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia, Walikota Vicky Lumentut menegaskan penghargaan menjadi tantangan untuk mempertahankannya. "Penghargaan sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk bisa mempertahankannya. Perlu keterlibatan kita semua, yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga, kemudian lingkungan dan seterusnya sampai ke tingkat kota. Kita harus mampu menjaga dan memelihara Kota Manado sebagai kota yang aman dan rukun," tandas Walikota Vicky Lumentut. Olehnya, pada perayaan HUT ke-395 Kota Manado tahun 2018, diangkat tema Manado Cerdas Manado Rukun, untuk menggambarkan kondisi Kota Manado sekarang ini. Usai upacara yang melibatkan
Sidang Paripurna DPRD Kota Manado
Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) dilingkup Pemkot Manado, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) serta Tentara Nasional Indonesia (TNI), pelajar dan mahasiswa, Walikota Vicky Lumentut bersama Wawali Mor dan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Drs Rum Usulu, menyerahkan Satya Lencana Karya Satya kepada beberapa ASN, juga penghargaan kepada mereka yang berprestasi. Acara dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Manado di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado dipimpin Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone.
Usai itu, pada sore hari dilanjutkan kegiatan di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) terkait dengan acara syukur selesainya renovasi TKB serta pembukaan selubung papan nama TKB Alex Kawilarang di pusat Kota Manado, Sabtu (14/07) malam.
Pemasangan Lilin Kue HUT skaligus Pemotongan Kue 
Dalam acara itu juga, diluncurkan atau launching Gebyar Undian Taat Bayar Pajak yang dilakukan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, disaksikan ribuan warga sulawesi utara. Langkah awal penerapan Gebyar Undian Taat Bayar Pajak itu dilakukan pada tempat usaha restoran atau rumah makan, namun kedepan akan meliputi seluruh tempat usaha yang ada di wilayah Kota Manado termasuk tempar parkir. "Launching Gebyar Undian Taat Bayar Pajak, saat ini baru akan diberlakukan bagi warga taat bayar pajak khusus ditempat-tempat makan atau restoran. Dan kemudian juga akan diberlakukan untuk undian parkir, guna memberi reward bagi warga yang taat bayar pajak, serta meminimalisir terjadinya kecurangan atau aksi main mata antara oknum-oknum pengusaha resto dengan petugas yang dipercayakan untuk menarik Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang merupakan ujung tombak pembangunan di daerah ini," jelas Walikota Vicky Lumentut.
Launching Papan Nama TKB
Dikatakan orang nomor satu di Manado itu, Gebyar Undian Taat Bayar Pajak khusus restoran dan rumah makan, penarikkannya akan dilakukan setiap Bulan pada Tanggal 14 disesuaikan dengan Hari Ulang Tahun Kota Manado yakni 14 Juli. "Dan bagi warga taat pajak yang beruntung, akan diberikan hadiah berupa sepeda motor, telivisi, kulkas dan sejumlah hadiah menarik lainnya. Warga taat bayar pajak yang mengikuti penarikkan undian dilakukan tiap bulan, tidaklah susah. Yakni, hanya mengambil Bill atau Struk disetiap restoran yang dikunjungi, lalu memasukkan Bill atau Struk itu ke kotak yang disediakan pemilik restoran saat keluar makan. Serta mencantumkan atau menulis identitas nama dan nomor telepon Handphone, agar bisa diketahui dan dihubungi pihak Pemkot Manado nantinya," ujar Walikota Vicky Lumentut. Sementara itu, saat membuka selubung papan nama TKB Alex Kawilarang, Walikota Vicky Lumentut mengatakan TKB yang terletak di pusat Kota Manado tersebut merupakan salah satu ikon wisata kebanggaan daerah ini.
Sehingga, Pemkot Manado melakukan renovasi keberadaan areal yang banyak dinikmati masyarakat dan wisatawan yang datang ke Kota Manado. "Renovasi TKB Alex Kawilarang merupakan upaya Pemerintah Kota Manado untuk memperkuat posisi tempat-tempat bersejarah di Kota Manado, sebagai ruang perjumpaan yang menyenangkan bagi masyarakat dan sebagai bagian dari pengembangan sektor pariwisata. Saya yakin dengan direnovasinya TKB ini akan membawa daya tarik, memberi warna serta kenyamanan bagi pengunjung yang datang serta menambah semarak suasana pusat Kota Manado," tukas Walikota dua periode itu. Walikota Vicky Lumentut berharap, ruang publik yang menjadi obyek wisata di Kota Manado tersebut dapat dijaga kelestariannya. "Dan saya mengajak segenap masyarakat agar ikut menjaga dan merawat semua fasilitas yang menjadi tempat kebanggaan torang samua (kita semua) warga Manado," tandas Walikota Vicky Lumentut. Acara yang dipandu pelawak om Kale, Sule, Ondos dan tanta Melly semakin semarak, dengan penampilan atraksi kesenian budaya tarian Kabasaran dan musik kolintang serta penyerahan hadiah bagi pemenang lomba dalam rangka HUT ke-395 Kota Manado serta ditutup dengan pesta kembang api. Tampak hadir Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Manado James Karinda SH MH, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Manado Drs Albert Wuysang, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Manado Pdt Renata Ticonuwu STh, Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Manado Pdt Roy Lengkong STh, para tokoh masyarakat dan tokoh agama serta ribuan masyarakat Kota Manado yang memadati kawasan TKB di pusat Kota Manado.(lipsus)