Iklan

October 17, 2018, 14:34 WIB
Last Updated 2018-10-17T21:34:19Z
Manado

Banyak Perangkat Daerah Masuk Zona Merah. GSVL : Hati - hati

Jurnal,Manado - Diingatkan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA bahwa Perangkat Daerah yang capaian realisasi keuangan dan fisik terendah atau berada pada zona merah agar memacu kinerja sehingga sesuai dengan target. Namun ia mengingatkan agar tidak terburu-buru mengejar ketertinggalan, sehingga tidak menimbulkan persoalan hukum dikemudian hari. Apalagi, tenggang waktu tahun anggaran 2018 ini tinggal dua bulan lagi.

“Perangkat Daerah yang berada pada zona merah harus ada perhatian khusus, dan yang berada di zona biru bertugas membimbing Perangkat Daerah yang masuk pada zona merah agar menuju zona hijau, karena tenggang waktu tinggal dua bulan lagi. Buat tim percepatan agar tidak terlalu jauh ketinggalan bagi yang lain, walaupun  yang zona merah berpacu, namun jangan mengabaikan dan meninggalkan aturan yang ada, sehingga menimbulkan masalah hukum kedepannya," ujar Lumentut didampingi Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Peter KB Assa ST MSc PhD, saat membuka pelaksanaan rapat Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) Pemerintah Kota (Pemkot) Manado Triwulan III Tahun Anggaran 2018, di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Rabu (17/10/2018). Sembari mengingatkan hati-hati dalam pengelolaan sistem administrasi dan keuangan kita. Harus dilakukan lebih tepat pada penggunaannya.

Sebelumnya, dilaporkan Kepala BPKAD Kota Manado Johnli Tamaka SE, hanya 8 Perangkat Daerah yang masuk zona biru atau zona aman, kemudian empat Perangkat Daerah berada pada zona hijau dan sembilan Perangkat Daerah pada zona orange. Sedangkan, yang lain masuk zona merah meskipun persentase realisasi keuangan diatas 60 persen. Kedelapan Perangkat Daerah yang masuk zona biru atau baik yakni Inspektorat, Sekretariat DPRD Manado, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kebakaran, Bagian Umum, Bagian Pemerintahan dan Humas, Kecamatan Mapanget dan Kecamatan Wenang. 
Rapat tersebut diikuti Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere SH, para Staf Ahli, para kepala Perangkat Daerah serta Camat se-Kota Manado. Dalam kesempatan itu pula, dilakukan penanda-tanganan Pakta Integritas seluruh kepala Perangkat Daerah di jajaran Pemkot Manado disaksikan Walikota Vicky Lumentut, Wawali Mor Bastiaan dan Penjabat Sekda Manado Peter KB Assa.(man)