Iklan

December 7, 2018, 04:40 WIB
Last Updated 2018-12-07T12:40:06Z
Manado

Kota Manado Kembali Terima Penghargaan Sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia


Jurnal,Manado - Kembali penghargaan diterima Walikota Manado GS. Vicky Lumentut yang diserahkan Mendagri Tjahjo Kumolo di Hotel Ashley, Jl KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat 07 Desember 2018 siang tadi.

Kali penghargaan yang diterima yaitu  diraihnya status Kota Paling Toleran di Indonesia tahun 2018. 

Penghargaan yang ke dua kalinya diterima oleh kota manado berdasarkan penilaian SETARA Institute setelah mengalahkan Kota Salatiga untuk IKT (Indeks Kota Toleran). 

“Manado sebagai salah satu dari 10 kota dengan peringkat toleransi tertinggi di Indonesia sebagaimana hasil studi Indexing yang kami lakukan,” jelas Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Hendardi.

Lanjutnya, program IKT bertujuan menilai praktik-praktik toleransi dalam tata pemerintahan kota dan memberikan insentif sosial bagi kota-kota yang telah bekerja keras mendorong keragaman masyarakat di masing-masing kota.

“Ini salah satu inisiatif untuk mempromosikan toleransi yang dilakukan pemerintah daerah, khususnya pemerintah kota. Kami melakukan promosi, kajian dan pendidikan public terkait dengan pluralisme, kemanusiaan, demokrasi, hak azasi manusia dan perdamaian,” kata Hendardi.

Pemberian penghargaan ini terkait peringatan Hari Toleransi Internasional pada tahun 2018. Peringkat toleransi Kota Manado toleransi tertinggi dari 9 kota di Indonesia.

Teknisnya, pertama, kota toleransi ditentukan dengan syarat memiliki regulasi yang kondusif bagi praktik promosi toleransi.

Kedua, pernyataan dan tindakan pemerintah kota itu kondusif bagi kampanye toleransi.

Kemudian, angka peristiwa tindakan pelanggaran kebebasan beragama rendah atau mengarah ke tidak ada sama sekali. 

SETARA Institute merupakan organisasi yang bertujuan mewujudkan masyarakat setara, plural dan bermartabat.(jm*)