Iklan

January 7, 2019, 06:48 WIB
Last Updated 2019-01-07T14:48:13Z
Dinamika

Pemkot Manado melalui Dinas PM-PTSP Capai target Nilai investasi PMDN 2018

Jurnal,Manado - Pemerintah kota Manado melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) kota Manado sangat menunjang program pemerintah Pusat Bapak Joko Widodo Presiden Republik Indonesia, demikian juga dengan Pemerintah Propinsi Sulut Bapak Gubernur Olly Dondokambey, sehingga realisasi penanaman modal di kota Manado bisa mencapai target bahkan melebihi target.                   

Realisasi investasi Kota Manado untuk tahun 2018 mencapai Rp.1.866.014.300.000 untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) atau sekitar 248.8 % dari target investasi Kota Manado yang ditargetkan Provinsi Sulawesi Utara sebesar Rp.750.000.000.000.

Nilai investasi di Kota Manado di dominasi sektor perdagangan dan jasa, telekomunikasi, dan perumahan serta diikuti sektor-sektor lainnya.
Selain realisasi PMDN, realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai $ 12.242.901 yang paling banyak disumbangkan oleh sektor tersier hotel & restoran.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Manado Jimmy Rotinsulu,SE MSi mengatakan bahwa pencapaian investasi ini dikarenakan bapak Walikota G.S. Vicky Lumentut dan bapak Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan yang selalu memberikan arahan dan bimbingan kepada Kepala Dinas, pejabat Struktural, staf/tim teknis dan THL di Dinas Penanaman Modal dan PTSP (DPMPTSP) Kota Manado. 

Bukan hanya itu saja, bapak Walikota dan Wakil Walikota secara langsung memantau dan mengevaluasi secara rutin proses pelaksanaan pelayanan informasi investasi dan pelayanan perizinan di Dinas PM-PTSP Kota Manado.

Promosi investasi yang gencar dilakukan oleh Walikota dan Wakil Walikota Manado baik dalam dan luar negeri merupakan salah satu upaya dalam menarik investor untuk berinvestasi di Kota Manado.

Upaya meningkatkan investasi di Kota Manado merupakan komitmen Walikota dan Wakil Walikota dalam menunjang program Presiden untuk peningkatan investasi nasional yang berdampak pada peningkatan perekonomian negara untuk kesejahteraan masyarakat.

Menurut Rotinsulu, pencapaian ini pun merupakan hasil dari kerja keras semua pegawai Dinas PM-PTSP Kota Manado.

Kepala Dinas PTSP Rotinsulu optimis untuk tahun 2019 ini realisasi investasi di Kota Manado akan terus meningkat baik untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA).

Dan nantinya apa yang di programkan bapak Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia menjadi program yang di implementasikan kabupaten/kota yang sukses melakukan penanaman modal disetiap daerah” ujar Rotinsulu.(Ipeh)