Iklan

April 2, 2019, 18:28 WIB
Last Updated 2021-01-21T12:55:53Z
Mitra

Dongkrat Kinerja Pegawai, Dinas Kelautan Dan Perikanan Mitra Siap Laksanakan E-Kinerja

Jurnal,Ratahan -Terobosan Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, SH dalam menerapkan sistem penilaian kinerja dan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) secara elektronik perlu ditopang seluruh jajaran.  

Dinas Kelautan dan Perikanan salah satu perangkat daerah mendukung penuh dan siap melaksanakan e-kinerja dan e-absensi.

‘’Seluruh jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan mendukung dan siap melaksanakan penilaian kinerja secara elektronik. Karena penerapan e-kinerja mampu mendongkrak kinerja pegawai,’’ kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Minahasa Tenggara Ir Venly V. J. Monigir, ME.

Menurutnya, seluruh jajaran Disperiklat memiliki tekad, optimisme dan gairah untuk terus berubah dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif dan efisien yang berorientasi melayani.

  ‘’Karena itu dalam rapat, apel pagi, dan apel sore saya selalu mengingatkan terkait dengan e-kinerja, tulis apa yang dikerjakan, kerjakan apa yang ditulis,’’ sebut Vecky.

Aplikasi ini olehnya selaku pimpinan, penerapan ini menjadi instrument pendukung bagi pimpinan dalam mengambil keputusan terkait kinerja pegawai, unit, dan satuan serta mampu menampilkan perkembangan sasaran kerja pegawai (SKP) tahunan.  

“Dengan adanya penerapan e-kinerja, berharap ASN di Dinas Kelautan dan Perikanan mengetahui apa yang dikerjakan setiap hari dan tercatat dalam aplikasi. ASN melakukan kegiatan tertata dan sesuai dengan kebutuhan organisasi, pekerjaan pada suatu organisasi akan dikerjakan secara merata oleh seluruh ASN dan pimpinan memonitor kinerja ASN dan bawahannnya, serta beban pekerjaan organisasi akan terlihat dengan jelas,”ujar Vecky.

Selain itu, menurutnya, Penerapan e-kinerja bisa lebih detail memantau pelayanan ASN di Dinas Kelautan dan Perikanan sesuai dengan jabatannya.  

“Jadi Lain halnya tanpa e-kinerja, PNS malas dan rajin akan sulit terukur sehingga menjadi sebuah ironi.  Antara orang dengan yang malas, mereka akan mendapatkan pendapatan yang sama, namun sekarang birokrasi mulai berbenah,”tandasnya.(hak)