Iklan

July 30, 2019, 19:21 WIB
Last Updated 2019-07-31T02:21:16Z
Manado

Berbalasan Pantun, Masamper Hebohkan Panggung Manado Fiesta 2019

Jurnal Manado - Penampilan Grup Masamper (GM) dari Kota Manado dan Kota Bitung yang saling ‘berbalas pantun’ lewat Nyanyian, menghebohkan panggung Manado Fiesta 2019. Dalam 1 Babak menampilkan 3 GM yang menbawakan 5 buah lagu, yakni; 1 lagu Pertemuan, 1 lagu Sastra Daerah, 2 lagu Cinta Badani, dan 1 lagu Perpisahan.

Penonton sangat antusias mengikuti lomba Masamper, Senin (29/7/2019)

Jonly Tamaka, salah satu tokoh masyarakat Nusa Utara, Senin (29/7/2019), disela-sela Lomba Masamper, mengatakan bahwa Tradisi Masamper pada intinya adalah bagian ungkapan Hati Nurani yang memiliki nilai Religius dan Moral dikemas dalam syair sastra.

“Masamper, tradisi masyarakat Nusa Utara, juga berisi ajakan/ajaran moral dan tata cara pergaulan dalam hidup bermasyarakat,” jelas Jonly Tamaka, yang juga menjabat sebagai Plt. Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Manado.

Tamaka, yang juga Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe – SITARO – Talaud (IKISST) Kota Bitung, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Manado dibawah kempimpinan Wali Kota G. S. Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor D. Bastiaan (GSVL-Mor), yang telah memberikan ruang bagi masyarakat Nusa Utara untuk mengembangkan Seni Budaya Sangihe-SITARO-Talaud lewat panggung Manado Fiesta 2019.

“Sebuah kebanggaan bagi kami masyarakat Nusa Utara ketika Pak Wali Kota dan Wakil Walikota memberikan perhatian serius terhadap Seni Budaya dari berbagai etnis yang ada di Kota Manado, Rumah Besar Kita Bersama,” kata Tamaka.

Berdasarkan informasi dari pelaksana, enam grup yang berlomba di hari pertama (Senin, 29 Juli), Babak I yakni; GM ST 25 Manado, Gempita Bitung, dan Glorya Tumumpa. Babak II; GM Narwastu Manado, GM Kalvari Parigi 7 Manado, dan GM Gelora Baru Manado.

Untuk besok hari (Selasa, tanggal 30 Juli), Babak I: GM Kalvari Malalayang, GM Kanaan Winenet Bitung, dan GM Gantra Manado. Babak II: GM Smirna Malalayang, GM Ora Et Labora Papusungan Bitung, dan GM Smirna Batulubang Bitung. Babak III: GM Aldus Manado dan GM Pniel Kairagi. (Ipeh)