Iklan

July 19, 2019, 17:31 WIB
Last Updated 2019-07-20T00:32:12Z
Advetorial

Sekretariat DPRD Sulut, Sukses Gelar Bimtek Forkom Sekretariat Se Sulut

Sekwan Sulut Bartolomeus Mononutu SH saat membuka kegiatan Forum Komunikasi Sekwan se Sulut
JurnalManado - Demi memantapkan tugas ke Sekretariatan kini, Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Forum Komunikasi Sekretariat DPRD se- Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2019. 
Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari sejak Kamis (18/7/2019) dibuka secara langsung Sekretaris DPRD Sulut, (Sekwan) Bartolomeus Mononutu,SH.
Staf dan Sekwan se Provinsi Sulut
Dalam sambutan Mononutu mengatakan, Bimtek yang digelar saat ini kiranya benar benar terfokus pada persiapan pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah janji  Anggota DPRD Sulut maupun Kabupaten dan Kota Se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) periode 2019/2024.
"Bimtek Tahun 2019 materinya diseputaran dengan persiapan pelantikan dan pengangkatan Anggota DPRD Sulut,Kabupaten/Kota se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) periode 2019/2024." Tegas Mononutu kepada JurnalManado.com Jumat (26/7/2019) di hotel Grenpuri Manado.
Penyerahan tanda peserta simbolis kepada peserta Bimtek
Diketahui, pada rencana pelantikan Anggota Dewan periode 2019/2024 jadwal pelantikannya tidak serentak di setiap Kabupaten/Kota.
Sehingga setiap Sekretariat diingat dan wajib memperhatikan kesiapan berlangsungnya kegiatan tersebut.
“Pelantikan Anggota Dewan baru berbeda-beda waktu pelaksanaannya. Di DPRD Provinsi tanggal 9 September 2019, mungkin ada kabupaten/kota yang beda waktu pelaksanaan. 
Namun demikian, sebagai Sekwan yang juga fungsi kegiatan ini salah satu mengingatkan kepada semua Sekwan Kabupaten/Kota se Sulut.
Dalam menerima masukan bila acara pelantikan nanti harus lebih rapi lagi.
Persiapannya harus diperhatikan,” tegas Mononutu, sembari mengucapkan terima kasih kepada bagian keuangan, khususnya Kepala Bagian Keuangan (Kabag) Dammy Tendean SE MM yang sudah mengagenkan  kegiatan Forkom itu, dan seluruh Setwan di 15 Kabupaten/Kota di Sulut yang hadir," ucap mantan Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulut.
Peserta Bimtek Forkom se Sulut
Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Bagian (Kabag) Keuangan Sekretariat DPRD Sulut Dammy Tendean SE MM menjelaskan, dilaksanakannya pertemuan Forkum ini merupakan bentuk semangat melaksanakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Tahun 1986 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi dokumen perencanaan pembangunan daerah.
“Hal itu menghindari tumpang tindih pelaksanaan anggaran antara tingkatan pemerintahan. Untuk di Setwan mungkin tidak terlalu banyak perbedaannya, namun di instansi teknis harus sinkronisasi bersama,” ungkap Tendean.
 Kegiatan Forkom Setwan ini dilaksanakan digelar selama dua hari Kamis dan Jumat (26/7/2019) telah menghadirkan sejumlah nara sumber antara lain Samsul Rachman, Dra Imelda MAP Depdagri sebagai Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan PKPD BNPP Kemendagri. (ADV/tino)