Iklan

August 8, 2019, 05:55 WIB
Last Updated 2019-08-08T12:55:01Z
Bitung

Bea Cukai Bitung Gelar Gathering Eksportir

JurnalBitung - Dalam rangka memaksimalkalkan Pelabuhan Bitung sebagai pintu masuk dan keluar barang dari Indonesia Timur, Bea Cukai Bitung menggelar Gathering Eksportir di Aula Kantor Bea Cukai Bitung, Kamis (8/8/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 eksportir dan perwakilan dari Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara yang dibuka oleh Agung Riandar Kurnianto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Bitung.

"Pelabuhan Bitung saat ini sudah ditetapkan sebagai International Hub Port, tentu ini adalah kondisi atau situasi yang harus kita manfaatkan dimana kita dapat mengekspor langsung tidak lagi melalui pelabuhan di kota lain namun sampai saat ini kondisi tersebut belum dapat kita wujudkan padahal dengan ekspor langsung kita dapat memotong biaya angkut dan waktu yang dapat lebih efisien," ungkap Agung dalam sambutannya.

"Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat menjadi langkah awal agar tema kegiatan yaitu Memaksimalkan Pelabuhan Bitung sebagai Pintu Masuk dan Pintu Keluar Barang dari Indonesia Timur dapat tercapai," lanjutnya.

Materi gathering diberikan oleh Thomas Nugroho Adi Prasetyo Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis yaitu rangkuman mengenai tugas pokok dan fungsi Bea Cukai, kendala dan tantangan dalam pengembangan ekspor, fasilitas kepabeanan untuk mendukung ekspor, dan komoditas ekspor.

Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan diskusi bersama eksportir yang hadir dengan moderator Yerri Kepala Subseksi Hanggar Pabean dan Cukai I, diskusi ini berlangsung sekitar 1 jam membahas terkait kendala ataupun hambatan, saran serta testimoni terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh pegawai Bea Cukai Bitung. (Joel)