Iklan

September 12, 2019, 02:48 WIB
Last Updated 2019-09-12T09:48:20Z
Bitung

Peringati Hari Perhubungan Nasional, Bitung Gelar Aksi Bersih Laut dan Pantai

JurnalBitung - Mengingat bahayanya sampah plastik di Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar sekaligus menjadi negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia. Direktorat Jenderal Hubungan Laut (Hubla) melalui KSOP Bitung menginisiasi Gerakan Bersih Laut dan Pantai yang digelar serentak di seluruh Indonesia yang disupport sepenuhnya oleh Pemerintah Kota, Unsur Forkopimda, BUMN, stakeholder dan Masyarakat kota Bitung, pada Kamis (12/9/2018) di sepanjang pantai Kota Bitung.

Kepala KSOP Bitung, Mursidi, mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional dan dilakukan secara serentak di 260 pelabuhan di seluruh Indonesia dan akan dicatat sebagai rekor Muri 2019.

"Fokus sasarannya adalah sampah plastik yang berada di laut dan pesisir pantai di kota Bitung, kami juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua pihak yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini khususnya bapak Walikota Bitung bersama jajaran pemerintah dan masyarakat," kata Mursidi.

Sementara itu Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban, SE, M.Si, mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan bersih laut dan pantai yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Pehubungan Laut dan KSOP Bitung, karena hal ini juga telah dicanangkan pemerintah Kota Bitung sejak tahun 2016 dengan tagline Bitung Go Green Less Plastic City.

"Mari gerakan ini kita semarakan lagi agar laut kita benar-benar bersih dalam rangka mengangkat perkonomian karena pelabuhan bitung sebagai pelabuhan internasional. Selain itu, hal ini juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan pariwisata di kota ini serta sebagai wujud dukungan terhadap pemerintah," ungkap Lomban yang saat itu didampingi Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung. (JOEL)