Iklan

October 31, 2019, 14:12 WIB
Last Updated 2019-10-31T21:12:43Z
Manado

Menko Bidang Kemaritiman dan Inventasi RI , Luhut Binsar Pandjaitan buka kegiatan Bersih Pantai Manado

Jurnal Manado - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan, membuka kegiatan Bersih Pantai Manado, Kamis (31/10) pagi. Acara bertempat di Kelurahan Karangria, Kecamatan Tuminting, Kota Manado di Sulawesi Utara.

Kegiatan ini sekaligus sebagai bagian dari kampanye nasional penanggulangan sampah, serta rangakaian kegiatan Archipelagic and Island State (AIS) Forum 2019 di Manado.

"Kebersihan menjadi sangat penting karena ini bagian dari kehidupan kita dan betapa bahayanya sampah plastik ini kalau masuk ke laut," kata Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Kesadaran harus dibangun dan dia berharap agar semua sehati dalam menjaga lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. "Saya minta di Sulut ini supaya betul - betul budaya bersih sampah ditanamkan, dan terus dilakukan," harap Luhut.

Dia mengatakan, Indonesia termasuk champion dalam masalah penanganan sampah, walaupun Indonesia memang merupakan salah satu negara dengan masalah sampah terbesar di dunia. Namun dalam 3, 4 tahun ini Indonesia sangat maju dalam melakukan sosialisasi pencegahan pembuangan sampah sembarangan.

"Bapak ibu dan anak - anak sekalian harus sadar akan masalah sampah. Ini dan harus kita bangun. Bahwa sampah menjadi musuh bersama kita," ujar Luhut.

Kegiatan bersih Pantai Manado itu melibatkan ratusan aparat TNI, Polri, ASN, BUMN, serta komunitas peduli lingkungan di Manado. Menko Luhut didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Wali Kota Manado Mor Dominus Bastiaan, Sekda Kota Manado, Micler CS Lakat,SH,MH. Asisten II Setda Kota Manado, Nora Lumentut, Forkompimda Provinsi dan Forkopimda Kota Manado,ikut memantau kegiatan bersih-bersih pantai itu. (Ipeh)