Iklan

October 27, 2019, 13:42 WIB
Last Updated 2021-01-21T13:20:11Z
Politik

Sulut Bangga, Anggota DPR Rl Dapil Sulut Felly Esterlita Runtuwene Harumkan Nama Daerah Di Kancah Nasional, Sebagai Ketua Komisi lX DPR RI

JurnalManado..Pejuangan karir politik sosok wanita berparas cantik ini, dibuktikan pada level di tingkat nasional, karir politik perempuan berdarah kelahiran Minahasa Selatan. 

Tepatnya Desa Rumoong bawah Kecamatan Amurang Barat Minahasa Selatan, kelahiran 2 November 1971 itu terpilih Ketua Komisi IX yang membidangi Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Minggu (27/11/2019).

Partai yang di pimpin Ketua Umum (Ketum) Surya Paloh itu telah kader kader terbaik di parlement sekaligus  menempatkan dua kader terbaiknya, Felly Estelita Runtuwene SE.dan Sugeng Suparwoto mengisi dua jatah ketua komisi di DPR RI. 

Sugeng sendiri menduduki posisi Ketua Komisi VII dan Felly begitu disapa mendapat posisi Komisi IX.

Sebagai manusia biasa DPRD Sulut periode 2014/2019 itu  menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada rakyat Sulut yang telah mempercayakan dirinya duduk di Senayan. 

Kepada Partai NasDem yang telah memberikan kepercayaan besar kepadanya untuk bekerja maksimal untuk seluruh rakyat Indonesia di Komisi IX.

“Semua ini atas perkenanan Tuhan dan dukungan dari seluruh masyarakat Sulawesi Utara (Sulut)., serta kepercayaan Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh dan seluruh jajaran,” ungkap Runtuwene kepada JurnalManado.com melalui whatsup pribadinya Minggu (27/10/2019).

Mantan politisi Partai Damai Sejahtera.(PDS) yang awalnya berkarir politik itu mengkisahkan perjalanannya untuk bisa mendapatkan kepercayaan Partai NasDem sehingga bisa terpilih menjadi Ketua Komisi IX.

“Ini sebenarnya challenge yang diberikan oleh partai pada tahun 2018 lalu. Jika sukses meraih jumlah kursi yang ditargetkan akan diprioritaskan menjadi pimpinan komisi. 

Kami dari Sulawesi Utara (Sulut) menjawabnya dengan meraih dua kursi untuk NasDem di DPR RI,” ungkap Felly.

Karena itu, dengan capaian besar Partai NasDem Sulut ini, menurut Felly adalah tanggung jawab besar untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Sulut di DPR RI melalui komisi yang dipimpinnya.

“Tentu masalah-masalah kesehatan dan ketenagakerjaan di Sulut akan saya perjuangkan. BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan akan jadi fokus saya nanti, dengan mengangkat masalah-masalah yang ada di Sulut ke nasional,” tandas Felly.

Jejak karir politik Felly Runtuwene terbilang mencengangkan. Dua periode di DPRD Sulut, ia berulang kali meraih penghargaan Forum Wartawan DPRD Sulut sebagai wakil rakyat paling kritis. Ia juga, sebagai Koordinator Pemenangan Wilayah (Kompemwil) Partai NasDem Sulut sukses membawa partainya meraih 9 kursi di DPRD Sulut, dan kursi pimpinan DPRD di hampir seluruh kabupaten/kota. 

Puncaknya adalah dua kursi di DPR RI, yang membawanya menduduki jabatan ketua Komisi IX untuk periode 2019-2024.(tino)